Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apindo Jabar Siap Kolaborasi dengan Nagasaki Prefectural Assembly Kembangkan Rebana

Apindo Jabar siap berkolaborasi dengan Nagasaki Prefectural Assembly untuk mengembangkan potensi kawasan Metropolitan Rebana melalui program strategis.
Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik/Istimewa
Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat siap berkolaborasi dengan Nagasaki Prefectural Assembly untuk mengembangkan potensi kawasan Metropolitan Rebana melalui implementasi program strategis.

Program strategis Apindo Jabar yang dimaksud yaitu Dari Jabar untuk Jabar, Dari Jabar untuk Indonesia, dan Dari Jabar untuk Dunia. Program-program ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang ada di Jabar, baik potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, hingga UMKM sehingga mampu mengambil peran penting dalam peningkatan investasi di Rebana.

Sebagai langkah awal, pada Selasa (30/7/2024), delegasi Nagasaki Prefectural Assembly mengunjungi kawasan Metropolitan Rebana yang disambut Badan Pengelola (BP) Rebana. Selain Apindo Jabar, hadir pula tujuh kabupaten/kota di wilayah Rebana serta pimpinan proyek strategis di Metropolitan Rebana.

Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik menyebutkan pertemuan tersebut merupakan langkah awal penting dalam memperkuat hubungan internasional dan mempromosikan potensi ekonomi dan meningkatkan investasi Rebana.

Menurut Ning, kawasan Metropolitan Rebana memiliki berbagai keunggulan, termasuk infrastruktur yang memadai seperti pelabuhan dan bandara berkualitas internasional.

Selain itu, Jawa Barat memiliki angkatan kerja terbesar di Indonesia, yaitu 25,8 juta atau 17,3% dari jumlah nasional, yang merupakan potensi besar.

Dukungan pemerintah pusat melalui Perpres No. 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan berbagai Proyek Strategis Nasional di kawasan ini juga memberikan keunggulan tambahan.

"Nilai UMK [upah minimum kabupaten/kota] yang masih relatif rendah menjadikan Rebana sebagai kawasan yang kompetitif untuk investasi," kata Ning dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8/2024).

Dalam hal sumber daya manusia, Ning mengajak kolaborasi melalui benchmarking, magang internasional, membangun pelatihan yang lebih komprehensif, dan mengembangkan social design untuk mentransformasi mindset dari agriculture ke industrial.

"Selain itu, penting untuk membangun masyarakat yang memiliki hospitality, mengingat besarnya potensi berkembangnya area di sekitar kawasan industri menjadi kawasan pariwisata, seperti yang ada di Kabupaten Kuningan," tambahnya.

Sementara itu, Nagasaki Prefectural Assembly menyambut baik ajakan kolaborasi Apindo Jabar terkait SDM, seperti dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di sektor kehutanan dan perikanan di Jepang, di mana saat ini mereka mengalami kekurangan tenaga kerja.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper