Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumedang-Indramayu Bakal Kolaborasi Optimalkan Potensi Bendungan Cipanas

Bendungan Cipanas dapat meningkatkan intensitas tanam padi di daerah irigasi Cipanas seluas 6.473 hektare dan rencana pengembangan irigasi seluas 2.800 hektare.
Proyek Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Dok. Kementerian PUPR
Proyek Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Indramayu berkolaborasi untuk mengoptimalkan potensi dari hadirnya Bendungan Cipanas yang diresmikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Selasa (9/72024).

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan pihaknya bersama Bupati Indramayu Nina Agustina akan duduk bersama untuk menindaklanjuti amanat dari Wapres Ma'ru Amin yang meminta keberadaan bendungan ini bermanfaat bagi masyarakat di dua daerah ini.

Bendungan Cipanas sendiri berada di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang dan di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu.

Bendungan Cipanas merupakan bendungan multiguna dan dibangun dari tahun 2016 ini mempunyai daya tampung air 250 juta meter kubik dan luas genangan 1.315 hektare dan memiliki tinggi 71,7 meter dengan menghabiskan biaya Rp2 triliun.  

“Bendungan ini sangat bermangfaat untuk dua daerah Sumedang dan Indramayu,” kata Yudia.

Yudia menyebutkan pesan Wakil Presiden Ma’ruf Amin keberadaan Bendungan Cipanas ini bisa dioptimalkan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat di Sumedang dan Indramayu ini. 

“Selain bisa pengairan sawah untuk para petani juga bisa dioptimalkan untuk pariwisata dan  untuk kawasan ekonomi.  Ujungjaya ini nanti menjadi kawasan industri Air Baku nya nanti dari sini,” ujar Yudia.

Dengan kapasitas air baku hingga 850 liter/detik, bendungan ini juga bisa dioptimalkan untuk menarik minat investor.

“Selain airnya untuk memenuhi kebutuhan air baku juga memiliki mamfaat pengendali banjir di lahan seluas 701 hektare yang tersebar di Kecamatan Losarang dan Kecamatan Cantigi Indramayu serta Pembangkit Listrik,” katanya.

Untuk itu, pihaknya akan duduk bersama dengan Bupati Indramayu untuk mengembangkan Bendungan Cipanas yang berada di dua kabupaten ini juga menjadi kawasan wisata. 

“Bu Bupati Indramayu mengajak duduk bersama untuk menjadikan kawasan wisata disini. Apa saja yang bisa dikembangkan bersama BBWS. Harapan kita masyarakat Sumedang dengan adanya Bendungan Cipanas ini bisa menjadi swasembada pangan kita bisa terpenuhi," kata Yudia.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meyakini Bendungan Cipanas akan menghadirkan manfaat bagi masyarakat Sumedang dan Indramayu hingga Majalengka.  

"Bendungan Cipanas memang multifungsi yang mana harapan dan tujuannya adalah membawa manfaat bagi masyarakat di wilayah Sumedang, Indramayu dan Majalengka," ujar Bey.

Bendungan Cipanas dapat meningkatkan intensitas tanam padi bagi para petani di daerah irigasi Cipanas seluas 6.473 hektare dan rencana pengembangan irigasi seluas 2.800 hektare, mencakup Cipanas 500 hektare, Cikawung 1.000 hektare, dan Cibuluh 1.300 hektare.

Kepada masyarakat sekitar, Bey mengajak untuk memelihara Bendungan Cipanas agar memiliki usia pakai yang panjang, sehingga manfaat ekonominya dapat dirasakan lebih lama.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper