Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandung Punya Pasar Tradisional dengan Standar Internasional, Ini Lokasinya

Bandung akan memiliki pasar tradsidional berstandar internasional
Wisman kunjungi Gedung Sate di Bandung./JIBI-Rachman
Wisman kunjungi Gedung Sate di Bandung./JIBI-Rachman

Bisnis.com, BANDUNG— Pasar tradisional kerap diidentikan dengan kondisi yang kotor, becek dan tidak teratur. Namun, kini hadir pasar tradisional dengan standar internasional, baik dari produknya, hingga pemasarannya.

Pasar tersebut terletak di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, dengan nama Pasar Parahyangan.

Manager Operasional Pasar Audrey Kurnia mengatakan, pasar ini dihadirkan di tengah-tengah kebutuhan akan pengalaman berbelanja yang berkualitas, higienis, dan praktis. 

“Dengan keunggulan yang berani bersaing, Pasar Parahyangan menawarkan pengalaman berbelanja yang mengagumkan dengan sentuhan tradisional namun memenuhi standar internasional,” ungkap dia, Minggu (12/5/2024).

Terletak di pusat Kota Kotabaru Parahyangan, Pasar Parahyangan diproyeksikan menjadi tempat di mana Pengusaha Mikro, Petani, Peternak dapat menemukan wadah untuk menjajakkan produk yang beragam, selalu tersedia, serta menghadirkan produk dari kualitas Grade A, B, C, dan edukasi dari produk yang dijajakkan yang siap untuk dijual dalam skala besar.

Profil Pedagang di Pasar Parahyangan pun kaya dia telah sukses mengekspor produk-produk lokal ke seluruh Indonesia bahkan mendunia.

“Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk berbagi pengalaman mereka dengan pengusaha lainnya, memberikan wawasan berharga tentang strategi pemasaran global, distribusi, dan standar kualitas internasional,” jelasnya.

Didukung dengan infrastruktur dan fasilitas yang modern, pasar ini berkomitmen untuk menjadi sarana yang memungkinkan pengusaha mikro untuk berkembang dan memperluas jangkauan pasar mereka secara B2B/B2C dengan mengusung Tren Bisnis O2O (Online to Offline) sehingga dapat menarik calon pembeli potensial dari channel online untuk melakukan pembelian di toko fisik. 

“Sederhananya, O2O dapat membawa konsumen dari media sosial ataupun iklan digital untuk berbelanja di toko fisik Pasar Parahyangan ataupun sebaliknya,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, pasar ini menerapkan Sistem Distribusi Langsung dari Produsen ke Konsumen di Pasar Parahyangan sehingga memotong rantai penjualan hingga hanya 3-4 tahap dari produsen ke konsumen. 

“Pedagang pun masih relevan untuk menetapkan harga 5-10% lebih rendah atau lebih tinggi tergantung pada kualitas produk, sehingga konsumen bisa mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga bersaing, bahkan mampu dijual dengan harga murah karena langsung dari produsennya. Pasar Parahyangan akan menjadi pusat bagi kolaborasi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” jelasnya. 

Standarisasi untuk setiap produk yang dijual juga menjadi prioritas guna memberikan jaminan kualitas untuk setiap transaksi yang merubah paradigma negatif berbelanja di pasar menjadi positif dan menyenangkan dengan hadirnya Pasar Parahyangan di Kotabaru Parahyangan. 

Pengelola Pasar Parahyangan pun secara detail, seperti untuk bagian advertising & promotion, Estetika tenant, serta peraturan operasional untuk kenyamanan bersama.

“Kami bangga menyediakan platform bagi pengusaha mikro dan pedagang berpengalaman dalam ekspor untuk bersama-sama tumbuh dan berkembang,” ucap Audrey.

 

1715506759_616a8909-21d5-4ad0-8393-b99356af35ee.
1715506759_616a8909-21d5-4ad0-8393-b99356af35ee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper