Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Cimahi Lanjutkan Vaksinasi Hewan Gratis, Mulai Flu Burung Hingga Rabies

Dispangtan Kota Cimahi akan melanjutkan program vaksinasi hewan gratis sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit pada hewan.
Rabies/kemenkes
Rabies/kemenkes

Bisnis.com, CIMAHI - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi akan melanjutkan program vaksinasi hewan gratis sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit pada hewan.

"Untuk tahun 2024, layanan vaksinasi hewan gratis mulai dilanjutkan," ungkap Kabid Pertanian Dispangtan Kota Cimahi Mita Mustikasari, dikutip Senin (29/4/2024).

Program ini secara khusus menargetkan vaksinasi untuk hewan peliharaan masyarakat Kota Cimahi. Vaksin yang disediakan mencakup vaksin flu burung untuk ayam, bebek, dan entog, serta vaksin rabies untuk kucing, anjing, monyet, dan musang.

Mita menambahkan bahwa respons masyarakat terhadap program vaksinasi ini sangat positif. Antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam membawa hewan peliharaan mereka untuk divaksinasi rabies dan flu burung.

"Setiap pelaksanaan vaksin memang warga sangat antusias," katanya.

Dispangtan Kota Cimahi menegaskan bahwa tidak ada batasan jumlah hewan yang akan divaksinasi, selama stok vaksin tersedia. Kegiatan vaksinasi berlangsung secara bergiliran di 15 kelurahan di Kota Cimahi, dengan penjadwalan yang ditangani oleh pihak kelurahan masing-masing.

"Penjadwalan diserahkan ke kelurahan berikut menentukan lokasi. Masyarakat akan diinformasikan terlebih dahulu untuk program vaksinasi gratis bagi hewan ini sesuai dengan layanan yang tersedia. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mencegah penularan penyakit hewan berbahaya," ucapnya.

Dengan melanjutkan program vaksinasi hewan gratis ini, Pemerintah Kota Cimahi berharap dapat mengurangi risiko penularan penyakit hewan yang dapat membahayakan tidak hanya bagi hewan itu sendiri, tetapi juga bagi kesehatan masyarakat umum.

Program ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam menjaga kesejahteraan hewan dan memperkuat hubungan antara manusia dan hewan peliharaan mereka.

(Dini Putri Rahmayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper