Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bubos ke-8 Digelar, Undang 5.000 Peserta

Buka Bersama on The Street (Bubos) ke-8 akan kembali digelar di kawasan The Park, Pasar Kreatif Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (29/3/2024).
Hal yang dilarang untuk mengganti puasa Ramadan/Freepik
Hal yang dilarang untuk mengganti puasa Ramadan/Freepik

Bisnis.com, BANDUNG--Buka Bersama on The Street (Bubos) ke-8 akan kembali digelar di kawasan The Park, Pasar Kreatif Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (29/3/2024).

Bubos merupakan aksi sosial yang dilaksanakan pada bulan Ramadan. Kegiatan yang diinisiasi oleh Atalia Praratya ini bukanlah yang pertama kali, Bubos ke-1 dilaksanakan pada 2016 lalu.

Semangat konsisten untuk terus berbagi pun berlanjut di tahun 2024 ini. Kegiatan kali ini terlaksana atas kolaborasi organisasi Jabar Bergerak dengan Kwarda Pramuka Jawa Barat. 

Wakil Ketua Bubos ke-8 Zaini Alif menuturkan, Bubos edisi kali ini mengusung tema berbagi sambil ngariung atau "Bersarung".

"Sarung itu memiliki makna keberlangsungan, tidak ada ujungnya, menyambung terus. Itulah manusia hidup, dia terus bergerak, infinity. Sarung merupakan sebuah kain yang memiliki makna yang sangat luas di Indonesia terutama di tanah Sunda. Sarung identik dengan fungsi yang beragam. Maka sarung bermakna multifungsi dan multiguna. Itulah manusia hidup itulah Jabar Bergerak," tutur Zaini, Selasa (26/4/2023).

Bubos merupakan acara berbagi kasih dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dari mulai akademisi, pengusaha, pemerintah, media dan komunitas (pentahelix).

Zaini memperkirakan, Bubos ke-8 bakal dihadiri sekitar 5.000 peserta dari berbagai kalangan.

"Nanti kita akan berkumpul untuk makan bersama (botram) dengan setiap komunitas dimana mereka membawa makanan untuk berbuka bersama teman-teman yatim piatu dan dhuafa serta melakukan santunan sambil menikmati rangkaian acara," katanya.

Adapun acara mulai berlangsung pada pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.30 WIB. Selain berbuka bersama, acara juga akan dimeriahkan dengan tausiah, hiburan, fashion show, hingga beragam acara menarik lainnya.

Bubos ke-8 ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu Buka Berkah dan Rantang Pramuka yang dilaksanakan pada 25-27 Maret 2024.

Menurutnya buka berkah adalah kegiatan berbagi perlengkapan ibadah (quran, sejadah, mukena, sarung) ke mushola atau surau di daerah, pengobatan gratis untuk masyarakat, serta berbagi dan mengunjungi rumah warga yang dilakukan oleh Jabar Bergerak di 27 kabupaten kota di Jawa Barat”.

“Sedangkan Rantang Pramuka adalah berbagi makanan untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Pramuka di 27 kota kabupaten di Jawa Barat pada 25-27 Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper