Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Arus Mudik, Jalan di Kuningan Diperbaiki

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kuningan memprioritaskan perbaikan ruas jalan untuk menyambut pemudik Lebaran 2024.
Perbaikan jalan di Kabupaten Kuningan
Perbaikan jalan di Kabupaten Kuningan

Bisnis.com, KUNINGAN - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kuningan memprioritaskan perbaikan ruas jalan untuk menyambut pemudik Lebaran 2024. Sebanyak 50 titik jalan di Kabupaten Kuningan dalam tahap perbaikan.

Penjabat Bupati Kuningan Iip Hidajat mengatakan dalam waktu dekat Kabupaten Kuningan bakal didatangi banyak pemudik. Proses perbaikan melalui rekonstruksi atau pun pemeliharaan terus dikebut sebelum masa arus mudik.

"Ada 50 titik yang diperbaiki, di antaranya jalan Desa Kedungarum Kecamatan Kuningan, Desa Lebaksiuh Kecamatan Ciawigebang dan Desa Bendungan Kecamatan Lebakwangi," kata Iip di Kuningan, Senin (25/3/2024).

Iip mengatakan, untuk ruas jalan yang merupakan kewenangan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi, pemerintah daerah sudah melakukan koordinasi untuk segera dilakukan upaya pemeliharaan.

Menurut Iip, sebagian besar ruas jalur nasional maupun provinsi dalam kondisi mulus yang laik dilintasi para pemudik atau masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Saya berharap ada sumbangsih dan kepedulian dari masyarakat untuk menjaga dan merawat jalan yang ada di sekitarnya. Dimana sekarang kan musim hujan, nah apabila ada kubangan air yang kemungkinan akan merusak jalan agar tolong dibersihkan," kata Iip.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang 336,5 kilometer jalan di Kabupaten Kuningan dalam kondisi rusak dan perlu dilakukan upaya perbaikan.

Dalam catatan BPS, dari ratusan kilometer jalan yang mengalami kerusakan, sepanjang 181,9 kilometer dalam kondisi rusak ringan, 23,58 kilometer rusak sedang, dan 131,02 kilometer lainnya rusak berat. 

Sementara, panjang ruas jalan status kabupaten di Garut mencapai 800,99 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler