Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jabar Diminta Optimalkan Peran PT Jasa Sarana dalam Pengelolaan Sampah

DPRD Jawa Barat meminta peran BUMD PT Jasa Sarana dioptimalkan dalam berbagai proyek pengelolaan sampah regional seperti TPPAS Nambo.
Proyek pembangunan pengelolaan sampah regional TPPAS Nambo.
Proyek pembangunan pengelolaan sampah regional TPPAS Nambo.

Bisnis.com, BANDUNG--DPRD Jawa Barat meminta peran BUMD PT Jasa Sarana dioptimalkan dalam berbagai proyek pengelolaan sampah regional seperti TPPAS Nambo.

Anggota Komisi III DPRD Jabar Deden Galih mengatakan Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang tentang Pengelolaan Sampah di Jabar, sebagaimana tercantum dalam pasal 40 B, memberikan ruang bagi badan usaha dalam berpartisipasi dalam mengelola sampah.

"Dalam konteks kekinian, dengan dilaksanakan berbagai tahapan, keberadaan TPPAS regional yang ada di Jabar akan beroperasi, salah satunya TPPAS Nambo," katanya dikutip Senin (21/2/2024).

Dia merujuk pada pasal 40 B, ayat 1 menegaskan dalam rangka mengelola sampah dapat dilakukan kerjasama antara Pemda dengan Badan Usaha. "Merujuk pada ketentuan itu, Pemprov. Jabar dapat memaksimalkan peran BUMD milik Pemerintah Jabar yaitu PT Jasa Sarana," katanya.

Menurutnya salah satu core bisnis dari PT Jasa Sarana saat ini sudah sukses dalam mengelola limbah medis. Harapannya dengan suksesnya usaha di bidang tersebut, dapat melakukan ekspansi usaha dalam pengelolaan sampah.

"Merujuk kepada pasal 40 B ayat 2, Pemerintah Daerah dalam pengelolaan sampah menetapkan bentuk pengembalian investasi yang meliputi penutupan biaya modal, biaya operasional dan keuntungan badan usaha," ujarnya.

Sejalan dengan ketentuan tersebut, sebagai solusi konkret agar BUMD milik Pemprov Jabar dapat meningkatkan kontribusi, pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) , dalam pengelolaan sampah perlu dilibatkan BUMD. "Keberadaan BUMD tersebut, untuk dilibatkan sangatlah realistis karena untuk biaya BUMD yaitu PT Jasa Sarana sudah mendapatkan penyertaan modal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper