Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intensitas Hujan di Sumedang Tinggi, Warga Diminta Deteksi Dini Potensi Bencana

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem, yang mencakup kemungkinan terjadinya hujan lebat, angin kencang, dan petir.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG -- Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman mengimbau warga Kabupaten Sumedang untuk selalu waspada saat ini yang mulai masuk musim penghujan. 

"Saat ini sudah memasuki musim penghujan, jadi mohon untuk waspada. Terutama waspada bencana banjir, longsor, dan petir," ujar Herman, Rabu (6/12/2023).

Menurut dia, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem, yang mencakup kemungkinan terjadinya hujan lebat, angin kencang, dan petir. 

"Waspada dan lakukan pencegahan atau pengurangan risiko bencana hydrometeorologi, banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang dan puting beliung," ungkap dia.

Menurutnya masyarakat harus bisa melakukan deteksi dini, lapor dini dan cegah dini. Sehingga kalau pun bencana tidak terhindarkan, setidaknya bisa meminimalisasi korban jiwa. 

"Sumedang merupakan salah satu kabupaten rawan bencana, maka di musim hujan ini masyarakat  harus lebih waspada," ucapnya.

Berdasarkan hasil pemetaan ada 136 titik rawan bencana banjir, longsor dan angin puting beliung di Sumedang. Herman meminta agar Desa Tangguh Bencana yang telah dibentuk pada tiap desa harus bisa mengedukasi masyarakat dan memastikan masyarakat sadar bencana. 

"Pemerintah desa harus bahu-membahu, lakukan konsolidasi, edukasi dan pastikan masyarakat sadar bencana dengan melakukan deteksi, menyampaikan laporan dan pencegahan ," tuturnya.

Herman menambahkan, Pemda Sumedang beserta Forkopimda akan terus memonitor dan melakukan pembinaan kepada masyarakat serta melakukan langkah-langkah mitigasi.

"Di musim penghujan ini kita galakan lagi penghijauan untuk langkah-langkah antisipatif," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper