Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

500 Personel Disiagakan Antisipasi Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Cirebon

Sebanyak 500 personel gabungan disiagakan untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Sebanyak 500 personel gabungan disiagakan untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi menyebutkan, ratusan personel itu merupakan gabungan dari anggota badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0620 Kabupaten Cirebon.

“Sekarang sudah memasuki musim penghujan, maka harus segera disiapkan personel untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan,” kata Imron di Kabupaten Cirebon, Rabu (6/12/2023).

Imron menyebutkan, bencana yang kerap melanda Kabupaten Cirebon pada musim penghujan yakni, banjir, pergerakan tanah, banjir rob, dan angin puting beliung.

“Namun begitu, kami mengharapkan bencana tersebut tidak terjadi di Kabupaten Cirebon,” kata Imron.

Pemerintah Kabupaten Cirebon juga mengimbau kepada seluruh warga untuk mengantisipasi bencana dengan menjaga lingkungan di wilayah masing-masing.

Bila kadung melanda, kata Imron, masyarakat diimbau untuk segera melaporkan kepada pihak terkait." Kalau terjadi bencana, segera laporkan," ujar Imron.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, dari hasil pemetaan potensi kerawanan bencana sejumlah wilayah Kabupaten Cirebon termasuk kategori rawan bencana banjir, longsor, hingga puting beliung.

Arif menambahkan, Polresta Cirebon pun sudah menyiapkan alat SAR terbatas yang akan digunakan dalam penanggulangan bencana alam, dari mulai perahu karet, pelampung, life jacket, dan kendaraan khusus lainnya. 

“Hal serupa juga dilakukan instansi lainnya sebagai bentuk kewaspadaan dan mitigasi bencana,” kata Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper