Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Investasi Kabupaten Sumedang Triwulan III 2023 Capai Rp2,81 Triliun

Meski belum dianalisa sepenuhnya, investasi di sektor agribisnis, properti dan pariwisata menunjukkan tren pertumbuhan yang positif.
Tol Cisumdawu/Bisnis
Tol Cisumdawu/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG -- Realisasi investasi di Kabupaten Sumedang hingga triwulan III 2023 Rp2,81 triliun. 

Kepala DPMPTSP Kabupaten Sumedang Kemal Idris mengatakan raihan tersebut sudah melampaui target realisasi investasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang yakni Rp2,6 triliun. 

"Nah kalau target dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Rp3,1 triliun. Bisa kita capai sampe akhir 2024," ungkap dia kepada Bisnis, Kamis (9/11/2023). 

Menurut Kemal, sejak awal 2023, pihaknya terus melakukan optimalisasi serapan investasi. Seperti investor gathering hingga jemput bola mendata investasi dari perusahaan-perusahaan yang ada di Sumedang. 

"Kita data semua investasi yang ada di Sumedang, karena ada beberapa perusahaan yang ketika dicek belum melaporkan, setelah rilis BKPM ini kita bergerak," ungkap dia. 

Saat ini juga, lanjut Kemal, pihaknya tengah menginventarisasi investasi di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini sejalan dengan surat edaran dari BKPM. 

"Kita sedang menginventarisasi UMKM karena ada surat BPKM untuk mendata UMKM meski tidak masuk LKPM, jadi nanti Sumedang akan merilis dua data, yang ada UMKM dan tidak," ungkapnya. 

Ia menilai, meski belum dianalisa sepenuhnya, investasi di sektor agribisnis, properti dan pariwisata menunjukkan tren pertumbuhan yang positif. 

"Sektor belum dianalisa, tapi bagusnya, kalau dulu yang sampai Rp4 triliun dari itu konstruksi dari PSN Tol Cisumdawu, tapi sekarang tersebar, bahkan PSN hanya 5% dari jumlah raihan investasi di Sumedang," ungkapnya. 

Hal tersebut kata dia, tergambar dari jumlah perizinan yang dikeluarkan pihaknya untuk sektor tersebut yang meningkat di 2023 ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper