Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Maskapai yang Sudah Merapat dari Bandara Husein ke Kertajati

Sejumlah maskapai penerbangan sudah melakukan persiapan memulai penerbangan komersial dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG—Sejumlah maskapai penerbangan sudah melakukan persiapan memulai penerbangan komersial dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka atau Bandara Kertajati.

Corporate Secretary PT BIJB Dian Nurachman mengatakan selain persiapan yang dilakukan pengelola Bandara Kertajati, pihak maskapai yang berada di Bandara Husein Sastranegara, Bandung pun sudah berbenah di Kertajati.

Perpindahan maskapai ini seiring dengan keputusan pengalihan rute dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati oleh Kementerian Perhubungan yang terbit 2 Agustus 2023 lalu. “Maskapai sudah merapat juga,” katanya kepada Bisnis, Kamis (13/9/2023).

Maskapai yang sudah melakukan persiapan antara lain, Superair Jet, Indonesia AirAsia, Malaysia Airlines, Citylink, dan Malaysia AirAsia.

“Kita sudah komunikasikan groundhandling maskapai sama siapa, mereka juga sudah sewa kantor, jadi sudah ramai,” tuturnya.

Selain maskapai tenan-tenan komersial pun menurut Dian sudah buka kembali. Beberapa kios kopi dan kebutuhan penumpang menurutnya hidup kembali di Kertajati. “Tenan-tenan sudah hidup lagi,” ujarnya. 

Sebelumnya, seluruh penerbangan komersil domestik dan internasional di Bandara Husein Sastranegara, Bandung akan resmi beralih ke Bandara Kertajati, Majalengka mulai 29 Oktober 2023. 

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan keputusan realisasi pemindahan rute yang sudah diamanatkan Presiden Joko Widodo tersebut menjadi bahasan dalam rapat pimpinan perdana pihaknya bersama para kepala dinas di lingkungan Pemprov Jawa Barat. 

“Kita proses dengan Kementerian Perhubungan bahwa per 29 Oktober itu [Penerbangan di Bandara Husein] dipindahkan ke Kertajati, kecuali yang baling-baling itu butuh waktu satu tahun,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (7/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper