Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2023: Ridwan Kamil Antara Sedih dan Bahagia

West Java Investment Summit (WJIS) 2023 resmi digelar di Mason Pine Hotel, Padalarang, Bandung Barat, Rabu (9/8/2023).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG--West Java Investment Summit (WJIS) 2023 resmi digelar di Mason Pine Hotel, Padalarang, Bandung Barat, Rabu (9/8/2023).

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar Erwin Gunawan Hutapea, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jakarta Arlyana Abubakar, duta besar dan sejumlah kepala daerah.

Di acara yang merupakan kolaborasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar dan Bank Indonesia Jabar tersebut, Ridwan Kamil mengaku perasaannya campur aduk.

"Perasaan saya campur aduk. Hari ini, pertama saya sangat bahagia jika melihat statistik, Jawa Barat merupakan daerah dengan performa ekonomi terbaik di Indonesia yakni Jawa Barat," tuturnya.

Namun di sisi lain, dia mengaku ada kesedihan karena capaian-capaian positif hadir di penghujung masa jabatannya sebagai gubernur. "Saya sedih karena ini 4 minggu terakhir saya menjabat sebagai gubernur Jawa Barat," ujarnya.

Menurutnya setelah 5 September dirinya akan menjadi warga biasa. Namun pihaknya menjamin akan tetap membantu para pihak agar bahagia berinvestasi di Jawa Barat.

Meski begitu di hadapan calon investor dan undangan, pihaknya memastikan memimpin Jawa Barat dalam 5 tahun dengan sejumlah capaian positif.

"Ada 542 penghargaan yang kita terima tingkat nasional dan internasional, ini menunjukan 542 perubahan, before after, keberhasilan program, perlu 9 jam kalau saya bahas satu persatu," katanya.

Memimpin provinsi sebesar Jawa Barat dengan 50 juta penduduk Jawa Barat memiliki 3 keunggulan yang menjadi magnet para investor.

Pertama, kelengkapan infrastruktur, kedua ekosistem investasi yang responsif, ketiga sumber daya manusia yang produktif.

WJIS 2023 sendiri menawarkan 11 proyek senilai Rp70 triliun, Ridwan Kamil berharap ajang ini bisa dimanfaatkan para investor untuk menggali potensi dan minat. "Selamat berbisnis, pastikan di pikiran Anda bahwa Jawa Barat nomer satu untuk investasi," katanya.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Investasi Jabar Juara 2023. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Dinas Sumber Daya Air (DSDA), Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR), Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bank BJB, Migas Utama Jabar, Bank Indonesia Jawa Barat, EIGER dan JNE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper