Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tidak Punya Kawasan Industri, Kuningan Tawarkan Keunggulan Pariwisata ke Investor

DPMPTSP Jawa Barat mulai mendorong potensi investasi di Kabupaten Kuningan ke arena West Java Investment Summit (WJIS) 2023.
Wisata di Kabupaten Kuningan/Bisnis
Wisata di Kabupaten Kuningan/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSP) Jawa Barat mulai mendorong potensi investasi di Kabupaten Kuningan ke arena West Java Investment Summit (WJIS) 2023.

Kepala DPMPTSP Jawa Barat Nining Yuliastiani mengatakan kawasan Metropolitan Rebana akan kembali ditawarkan di WJIS 2023 karena banyak potensi yang bisa digarap investor. 

“Kuningan itu dalam kawasan Metropolitan Rebana tidak masuk ke dalam 13 [Kawasan Peruntukan Industri]. Tapi karena potensi di wilayahnya sedemikian bagus untuk dikembangkan dalam pariwisata, mereka menawarkan Kuningan ini mendedikasikan sebagai daerah tujuan investasi pariwisata,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (7/4/2023).

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat juga turut mendorong Kabupaten Kuningan untuk mulai menggali potensi desa wisata guna mengakselerasi peluang ekonomi di sektor tersebut.

Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan masukan itu sudah disampaikan pihaknya pada Bupati Kuningan Ace Purnama saat pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kuningan, Selasa 8 November 2022. Kegiatan tersebut ditujukan untuk memonitoring potensi desa wisata serta beraudiensi dengan pemerintah setempat.

Benny Bachtiar menilai Kabupaten Kuningan memiliki potensi beragam yang belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, perlu kolaborasi antara pemerintah daerah serta masyarakat.

Menurutnya peluang wisata ke Kuningan diprediksi makin tinggi terlebih Bandara Kertajati akan diaktifkan untuk penerbangan komersial yang berarti membuka peluang terhadap sektor pariwisata di kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan).

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Investasi dan Infrastruktur Jabar Juara 2023. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Dinas Sumber Daya Air (DSDA), Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR), Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bank BJB, Migas Utama Jabar, Bank Indonesia Jawa Barat, EIGER dan JNE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper