Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelaran KKJ dan PKJB 2023 Jadi Bukti Upaya BI Dorong Daya Saing UMKM Kreatif

Gelaran tahunan ini diproyeksikan menjadi salah satu wujud peran Bank Indonesia dalam mengembangkan UMKM melalui perluasan akses pasar produk unggulan Jabar.
konferensi pers KKJ dan PKJB 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/7/2023).
konferensi pers KKJ dan PKJB 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/7/2023).

Bisnis.com, BANDUNG -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan seluruh stakeholders kembali menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) yang ke-5 kalinya digelar yang disandingkan dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2023 pada 7-9 Juli 2023 mendatang.

Gelaran tahunan ini diproyeksikan menjadi salah satu wujud peran Bank Indonesia dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui perluasan akses pasar produk unggulan Jawa Barat. 

Selain itu, acara ini juga merupakan upaya mendongkrak daya saing UMKM kreatif Jawa Barat guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Deputi Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Jefri Dwi Putra mengatakan acara KKJ dan PKJB kali ini akan menjadi berbeda lantaran digelar langsung di pelataran Gedung Sate, Kota Bandung. Dalam tiga hari tersebut, beragam acara akan digelar.

"Jadi akan kita showcasing ada sekitar 100 UMKM unggulan, fesyen kuliner dan macam-macam, dan sebetulnya mereka semua kita kembangkan dari hulu ke hilir. Kita dorong untuk bagaimana akses pasarnya, akses pembiayaan, sampai kita dorong mereka jadi UMKM go digital dan go ekpor dan terntu UMKM go Hijau," jelasnya dalam konferensi pers KKJ dan PKJB 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/7/2023).

Dengan tajuk Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat yang berkelanjutan, bakal juga dihelat banyak kegiatan, mulai dari Showcasing UMKM, fashion show, workshop, business matching, implementasi QRIS, sosialisasi dan edukasi, helaran industri kreatif, performance dari banyak penampilan artis hingga podcast.  

Selain itu, bakal ada banyak kompetisi juga yang bisa diikuti oleh peserta, mulai dari lomba video, zero waste hingga one the spot photo competition.

"Jawa Barat ini kayak nggak habis-habis, jadi kita juga bakal dorong bagaimana pertumbuhan mereka melalui bisnis matching nantinya," ungkapnya. 

Melalui gelaran ini, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat menargetkan mampu mendorong perluasan akses pasar UMKM dalam bentuk pameran produk-produk unggulan UMKM Jawa Barat. 

Selain itu, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan akses dan jasa keuangan dari perbankan bagi UMKM di Jawa Barat melalui Business Matching.

"Dengan KKJ dan PKJB 2023 ini diharapkan mampu mendorong penerapan ekonomi dan keuangan digital pada UMKM di Jawa Barat," jelasnya. 

Nanti juga bakal diimplementasi transaksi pembayaran non tunai baik EDC maupun QRIS dan digitalisasi pemasaran produk.  

"Nanti transaksi di acara ini akan didorong cashless, pakai QRIS," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper