Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Menilai Tahun Ini Metropolitan Rebana Bakal Banyak Diuntungkan, Ini Alasannya

Dengan terintegrasinya Tol Cisumdawu akan memudahkan aksebilitas dari dan menuju Kawasan Metropolitan Rebana. 
Kepala Divisi Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA) Edwin Permadi/Bisnis
Kepala Divisi Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA) Edwin Permadi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank Indonesia Jawa Barat menilai tahun ini Kawasan Metropolitan Rebana akan mendapatkan keuntungan dengan diresmikannya Tol Cisumdawu oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. 

Kepala Divisi Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA) Edwin Permadi mengatakan, dengan terintegrasinya Tol Cisumdawu akan memudahkan aksebilitas dari dan menuju Kawasan Metropolitan Rebana. 

"Rebana sebenarnya sudah establish, cuma sekarang kan diperkuat dengan kawasan baru kayak Kertajati, Cisumdawu bakal diresmikan Presiden Joko Widodo, itu kan cepat sekali, kalau sudah ada jalan ke Kertajati bakal cepat," jelasnya kepada Bisnis usai Investment Roadshow yang merupakan rangkaian dari road to West Java Investment Summit (WJIS) 2023 di Hotel Raffles Jakarta Selatan, Selasa (13/6/2023). 

Untuk itu, ia optimistis dengan mulai terhubungnya kawasan Metropolitan Rebana dengan infrastruktur strategis nasional akan mempercepat penyerapan investasi.

Pasalnya, Jawa Barat kata Edwin, sudah mengurasi Investment Project Ready to Offer (IPRO) yang siap ditawarkan kepada para investor. Sehingga sangat disayangkan jika potensi ini terhambat oleh infrastruktur yang belum terintegrasi. 

"Sayang kalau lama, karena di Jawa Barat untuk energi geothermal aja nomor 1 di Indonesia, sayang kalau investor tidak bisa lihat, kemudian energi untuk mobil listrik itu sepanjang jalan jakarta-karawang itu banyak disitu pabrik otomotif," imbuhnya. 

Untuk target investor yang akan disasar tambah Edwin, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengklasifikasikan minat investor dari banyak negara agar sesuai dengan target. 

"Ke depannya kita juga akan membidik negara lain, seperti negara middle east, ini supaya mereka nantinya di gelaran WJIS yang sebentar, hanya 1-2 hari, mereka kenal lebih dahulu, mereka kita undang roadshow, jadi setelah di WJIS mereka bisa lakukan MoU. Ini untuk mempercepat [proses deal]," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper