Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemeriksaan Hewan Kurban di Kabupaten Cirebon Mulai Dilakukan

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha 1444 H.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha 1444 H. Sasaran dalam pemeriksaan tersebut untuk hewan yang ada di peternakan maupun distribusi dari luar daerah.

Sub Koordinator Kesehatan Masyarakat Veteriner Distan Kabupaten Cirebon Dwi Lina Agustina menyebutkan pemeriksaan wajib dilakukan untuk memastikan hewan yang bakal disembelih pada prosesi kurban nanti dalam kondisi sehat.

“Kami memastikan bahwa hewan kurban yang disediakan para pedagang itu sesuai kebutuhan dan tidak mengalami sakit,” kata Dwi di Kabupaten Cirebon, Senin (12/6/2023).

Lina menyebutkan, hewan kurban yang dinyatakan layak disembelih, bakal diberikan label sehat. Tanda tersebut bisa menjadi patokan masyarakat ingin membeli hewan itu.

Menurutnya, hewan kurban jenis sapi yang ada di Kabupaten Cirebon sebagian besar berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara untuk domba atau kambing, berasal dari peternak lokal.

“Masyarakat yang ingin membeli kurban supaya mengikuti imbauan dari kami,” kata Dwi.

Berdasarkan data, jumlah kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Cirebon sekira 15.000 ekor. Dari jumlah itu, sekira 1.500 merupakan hewan kurban jenis domba/kambing.

Lina menyebutkan, dari 13.500 ekor sapi, sebanyak 5.700 ekor sudah ada di Kabupaten Cirebon. “Sebanyak 9.000 ekor sapi akan datang ke Kabupaten Cirebon untuk disembelih,” kata Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper