Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala BP Rebana Harus Bisa Membawa Potensi Rebana ke Dunia Internasional

Calon kepala Badan Pengelola Rebana dituntut memiliki kemampuan komunikasi agar bisa mempromosikan potensi yang ada di kawasan Rebana pada dunia internasional.
Kepala Bappeda Jabar Iendra Sofyan
Kepala Bappeda Jabar Iendra Sofyan

Bisnis.com, BANDUNG—Calon kepala Badan Pengelola Rebana dituntut memiliki kemampuan komunikasi agar bisa mempromosikan potensi yang ada di kawasan Rebana pada dunia internasional.

Kepala Bappeda Jabar Iendra Sofyan mengatakan Rebana yang terdiri dari Kabupaten Subang, Indramayu, Kuningan, Cirebon, Majalengka dan Sumedang direncanakan akan memiliki 13 kawasan industri baru seperti yang dikonsep oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Iendra yang merupakan salah satu anggota tim seleksi Kepala BP Rebana juga memastikan badan tersebut harus bisa dipimpin oleh sosok yang mengerti konsep Rebana.

“Kedua, punya kemampuan mempromosikan investasi ke luar kan Rebana kelasnya dunia,” tuturnya kepada Bisnis, Rabu (5/3/2023).

Ketiga, sosok tersebut bisa mengkoordinasikan internal Pemprov Jabar dan kabupaten/kota. Maka, sosok yang dibutuhkan setidaknya memiliki konsep teknis, komunikasi promosi dan koordinasi. 

“Harus dilengkapi juga dengan kemampuan dari sisi teknis lobbying, dan fasilitasi kabupaten/kota,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan pencarian talenta sosok calon kepala badan pengelola (BP) Rebana yang meliputi 8 kabupaten/kota di Utara Jawa Barat.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat Denny Rusyana mengatakan calon kepala BP Rebana dicari lewat mekanisme talent scouting yang dibekali Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 85/2020 tentang Badan Pengelola Kawasan Cirebon-Patimban-Kertajati. 

“Ini bukan seleksi dari beberapa orang atau pendaftar, kita mengevaluasi sejumlah portofolio beberapa figur yang diundang, kalau tidak cocok panitia seleksi akan mencari kandidat lain,” katanya kepada Bisnis, Selasa (4/4/2023).

Denny menuturkan dari proses talent scouting yang dilakukan tim didapat tiga orang sosok calon ketua BP Rebana. Masih merahasiakan namanya, Denny mengatakan tiga nama tersebut selain dilihat dari portofolio juga berdasarkan masukan dari beberapa ahli dan pimpinan.

“Muncul tiga nama, tapi bukan mereka yang melamar, ini talent scouting,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper