E-Sport Bisa Jadi Andalan Jawa Barat di Sektor Ekonomi Kreatif

Kontribusi Elektronik Sport (E-Sport) pada ekonomi kreatif Jawa Barat dinilai tinggi namun perlu dukungan pemerintah agar kontribusi makin kuat.
Para gamer dari dua tim e-sport berbeda sedang berkompetisi memainkan Call of Duty di Tokaigi Game Party Japan di Chiba, Jepang, Sabtu (26/1/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Para gamer dari dua tim e-sport berbeda sedang berkompetisi memainkan Call of Duty di Tokaigi Game Party Japan di Chiba, Jepang, Sabtu (26/1/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada

Bisnis.com, BANDUNG--Kontribusi Elektronik Sport (E-Sport) pada ekonomi kreatif Jawa Barat dinilai tinggi namun perlu dukungan pemerintah agar kontribusi makin kuat.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Yunandar Eka Perwira mengungkapkan ekonomi E-Sport ini disumbang oleh generasi milenial Jawa Barat yang merupakan penggemar sekaligus pengguna.

"Generasi Z dan generasi milenial yang jumlahnya lebih dari 50 persen penduduk Jawa Barat telah menjadi penggemar dan pengguna e-sport sehari-hari", katanya dikutip Selasa (14/3/2023). 

Yunandar menambahkan, potensi perekonomian dari industri kreatif ini sangat besar di Jawa Barat. Industri kreatif pertumbuhannya mencapai 7 persen saat sebelum pandemi dan nilai ekonominya mencapai 21 persen dari seluruh ekonomi Jawa Barat. 

"Melalui e-sport inilah kita bisa mengembangan perekonomian bahkan menjadikan satu profesi yang sangat penting karena melibatkan perekonomian yang besar", jelasnya. 

Yunandar menjelaskan pertandingan-pertandingan e-sport tingkat dunia memberikan hadiah hingga jutaan dolar. E-sport, merupakan satu industri besar yang tidak hanya berkaitan dengan game saja tetapi juga industri kreatif yang lain seperti fashion, animasi dan lainnya. 

"Ada 17 sub sektor industri kreatif dan salah satu yang sangat berkembang di Cimahi adalah animasi, ada juga games yang bisa berkembang menjadi kekuatan ekonomi besar Jawa Barat dan Kota Cimahi", tambahnya. 

Yunandar menekankan, Provinsi Jawa Barat adalah pengekspor indiustri kreatif terbesar di Indonesia dan Kota Cimahi merupakan salah satu kota yang mempunyai industri kreatif cukup bagus di Jawa Barat. 

Dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Cimahi yang merupakan salah satu yang terbaik di Jawa Barat, Yunandar optimis Industri digital di Kota Cimahi akan menjadi kekuatan industri kreatif Jawa Barat khususnya e-sport. 

"Cimahi tidak punya sumber daya alam, tetapi manusianya merupakan salah satu yang terbaik di Jawa Barat dan itu modal kita", ungkap Yunandar. 

Yunandar berharap industri kreatif khususnya e-sport bisa terus berkembang dan Cimahi bisa dikenal menjadi salah satu pusat e-sport di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper