Dukung OPOP, BJB Syariah Siap Fasilitasi Santri Magang di Pesantren Jabar

Bank BJB Syariah sebagai mitra strategis Pemprov Jabar siap mendukung penerapan OPOP di Sumatra Utara dengan membantu santri belajar di Jabar.
Bank BJB Syariah
Bank BJB Syariah

Bisnis.com, BANDUNG – One Pesantren One Product (OPOP) adalah program yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menciptakan kemandirian pesantren di Jawa Barat. Program ini disebut telah sukses menciptakan ribuan produk di pesantren di Jawa Barat.

Dalam rangka memperluas manfaat program ini, pemerintah Jawa Barat telah bekerja sama dengan Pemprov Sumut yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama di atas disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Selasa (31/1/2023) lalu di Medan.

Sejak diterapkan pada 2019 di Jabar, program kemandirian ekonomi pesantren tersebut telah melahirkan 2.844 bisnis di pesantren. Alhasil pesantren di Jabar kini bisa lebih berkembang karena mampu memenuhi kebutuhan operasionalnya secara mandiri.

Direktur Utama Bank BJB Syariah Adang A. Kunandar yang juga turut hadir pada acara penandatanganan kerja sama tersebut mengatakan Bank BJB Syariah sebagai mitra strategis Pemprov Jabar siap mendukung penerapan OPOP di Sumatra Utara dengan membantu santri di provinsi tersebut belajar di Jabar.

"Bank BJB Syariah mendukung penuh penerapan Program One Pesantren One Product (OPOP) bagi pesantren di Sumatra Utara untuk magang di Jawa Barat," ujar Adang, dalam keterangan pada Rabu (8/2/2023).

Adang menjelaskan OPOP bertujuan untuk menciptakan kemandirian umat melalui para santri, masyarakat dan Pondok Pesantren itu sendiri, agar mampu mandiri secara ekonomi melalui pengembangan skill bisnis, pemanfaatan teknologi digital, perluasan pemasaran melalui berbagai platform online, beragam pelatihan serta pendampingan.

Dengan program ini, BJB Syariah berharap kerja sama dengan pesantren di Jabar akan lebih meningkat dan pesantren dapat memanfaatkan layanan produk perbankan syariah dari BJB Syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper