Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Investasi Jawa Barat Tahun 2022 Capai Rp174,6 Triliun, Tertinggi se-Indonesia

Realisasi investasi ke Jawa Barat sepanjang tahun 2022 mencapai Rp174,6 triliun dari gabungan realisasi PMA dan PMDN.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Realisasi investasi ke Jawa Barat sepanjang tahun 2022 mencapai Rp174,6 triliun dari gabungan realisasi penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dengan raihan tinggi pada 2022 lalu menjadikan Jawa Barat memegang predikat provinsi dengan investasi tertinggi dalam lima tahun berturut-turut.

“Tahun 2022 pecah rekor Rp174,6 triliun,” katanya dalam unggahan akun Instagram Ridwan Kamil, Kamis (2/2/2023).

Menurutnya Jawa Barat bisa menjadi provinsi nomor satu dalam urusan realisasi investasi karena ditopang iklim paling kondusif dan sistem paling responsif, dan juga proaktif.

“Tiap tahun diselenggarakan West Java Investment Summit yang selalu sukses meyakinkan investasi global,” ujarnya.

Realisasi investasi ini juga mampu menopang pertumbuhan ekonomi provinsi, di mana setiap realiasi investasi Rp1 triliun rata-rata membawa lapangan pekerjaan hampir 1.000 lowongan pekerjaan.

“Itulah kenapa tingkat pengangguran di Jawa Barat terus menurun,” katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat Noneng Komara mengatakan realisasi investasi sebesar Rp174,6 triliun menjadi bukti Jawa Barat bisa menerobos situasi sulit pasca pandemi dan target realisasi tinggi dari Pemerintah Pusat.

Pada tahun 2022, Provinsi Jawa Barat memiliki dua target investasi yakni target dari BKPM Rp169,27 triliun, dan target berdasarkan Perubahan Renstra DPMPTSP Jawa barat tahun 2018-2023 Rp105 triliun.

“Alhamdulilah, kita melampaui target BKPM sebesar 103,14 persen, kalau Renstra kita melampaui target sangat tinggi 166,26 persen. Ini menjadi indikator optimisme kita di 2023, tahun lalu targetnya tinggi dan situasi masih pandemi tapi bisa keluar dari tekanan itu,” tuturnya.

Noneng mencatat pada 2022 realisasi investasi disumbang oleh investasi PMDN yang mengalami kenaikan yang cukup signifikan sebesar 34,8 persen. Secara keseluruhan realisasi investasi PMA dan PMDN adalah sebesar Rp174,58 triliun atau naik sebesar 28,2 persen dari periode sebelumnya.

“Pada tahun 2021, total realisasi investasi Jawa Barat sebesar Rp136,13 triliun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper