Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Budaya Gastronomi Dinilai Bisa Selamatkan Jabar dari Krisis Pangan

KPED Jawa Barat menggelorakan budaya gastronomi agar sektor pangan bisa hidup dan tangguh saat menghadapi krisis.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Kekayaan kuliner Jawa Barat jika didorong dalam gerakan kebudayaan gastronomi dinilai bisa memberikan manfaat ekonomi lebih besar.

Ketua Komite Pemulihan Ekonomi Daerah (KPED) Jawa Barat Ipong Witono mengatakan dalam perjalanan dua tahun mengawal pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 pihaknya mengambil banyak pelajaran bahwa urusan pangan penting untuk diperkuat dalam situasi krisis.

Menurutnya KPED Jawa Barat menggelorakan budaya gastronomi agar sektor pangan bisa hidup dan tangguh saat menghadapi krisis. Penggalakan budaya gastronomi memberikan banyak kontribusi pada keberlangsungan petani, pelaku usaha kecil hingga sektor pariwisata.

Ipong menuturkan gerakan gastronomi tidak bisa jalan jika diinisiasi lewat gerakan ekonomi, karena itu pihaknya lebih memilih mendorong potensi kuliner Jawa Barat tersebut lewat gerakan kebudayaan.

“Kita menyadari ada gaya hidup ketergantungan pada pangan impor. Ketergantungan ini harus kita lawan dengan gerakan kebudayaan,” katanya di acara Puncak Hari Pangan Sedunia (HPS) 2022 tingkat Jawa Barat di Kiara Artha Park, Bandung, Selasa (8/11/2022).

KPED juga berharap agar upaya Jawa Barat menggelar GPM di berbagai daerah mendapat dukungan dari Bapanas.

Kepala DKPP Jabar Moh Arifin Soedjayana mengatakan peringatan HPS 2022 tingkat Jawa Barat pihaknya bekerja sama dengan Pemkot Bandung guna menggelar pekan pangan. Tak hanya dengan Pemkot Bandung, kolaborasi pun dilakukan dengan Badan Ketahanan Pangan Nasional dan juga Kodam III Siliwangi.

Menurutnya dalam acara pihak Bapanas memberikan bantuan 3 unit river container 3 pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dapat digunakan untuk stok pangan.

“Nanti kalau panen hasilnya bisa disimpan dan dijual kembali kalau harga membaik. Kemudian ada sertifikat prima (tumbuhan) 3, kontrol veteriner (hewan) di pelaku usaha bidang pangan. Alhamdulillah Bapanas mengapresiasi luar biasa HPS 2022 tingkat Jawa Barat ini,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper