Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Sarana Gandeng VKTR dan Transjakarta Terapkan Bus Listrik di Jawa Barat

Selain menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak, Jawa Barat saat ini juga tengah menyusun masterplan untuk penggunaan transportasi umum berbasis listrik.
Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Transjakarta dan Head of Agreement dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas.
Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Transjakarta dan Head of Agreement dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas.

Bisnis.com, BANDUNG -- BUMD Jawa Barat PT Jasa Sarana menggandeng PT VKTR Teknologi Mobilitas, perusahaan grup Bakrie dan PT TransJakarta dan PT Jasa Sarana terkait rencana penggunaan moda transportasi umum berbasis listrik di Jawa Barat.

Sistem mobilitas untuk wilayah perkotaan untuk mengatasi kemacetan dengan layanan yang nyaman, cepat, murah dan dapat berintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Transjakarta dan Head of Agreement dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas di Fairmonth Hotel, Rabu (31/08/2022) malam.

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Pj. Direktur Utama PT Jasa Sarana Indrawan Sumantri, Direktur Utama PT TransJakarta M. Yana Aditya, dan Chief Operating Officer PT VKTR Teknologi Mobilitas Dino A. Ryandi.

"Selain menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak, Jawa Barat saat ini juga tengah menyusun masterplan untuk penggunaan transportasi umum berbasis listrik," ujar Indrawan Sumantri.

Sejalan dengan itu dukungan Pemerintah sangat penting terutama aspek regulasi dan subsidi guna mendukung akselerasi rencana pengembangan transportasi umum berbasis bus listrik yang melintas di 5 kabupaten/kota untuk 18 koridor di Bandung Raya.

Forum diskusi dan kesepakatan kerja sama ini tentu saja untuk menguatkan kerja sama antara DKI Jakarta dan Jawa Barat mengenai rencana penggunaan moda transportasi umum berbasis listrik di kedua provinsi.

"Ke depan, Jakarta bersama kota-kota lain perlu membentuk kerjasama lebih erat, khususnya dalam mencari jawaban atas berbagai tantangan dan problematika dalam pengelolaan wilayah perkotaan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rilis PT Jasa Sarana, Kamis (1/9/2022).

Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang juga sekaligus Komisaris Utara PT VKTR, Anindya Novyan Bakrie mengatakan, sistem mobilitas yang berkelanjutan untuk wilayah perkotaan adalah salah satu prioritas utama.

PT VKTR diposisikan untuk dapat berkiprah di industri elektrifikasi transportasi secara lengkap dari hulu hingga hilir, sehingga dapat mendukung semua program Pemerintah yang berkaitan dengan industri tersebut.

"Inisiatif yang dimulai di Jakarta dan Jawa Barat ini diharapkan dapat bergulir ke provinsi lain, sehingga sistem transportasi umum berkelanjutan akan dapat menjadi pemacu akselerasi pencapaian target net zero emission nasional yang dicanangkan untuk diraih pada tahun 2060," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper