Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Spot River Tubing Rekomendasi Smiling West Java

River tubing dinilai lebih aman, tapi sensasinya tidak kalah asyik dengan arung jeram.
River tubing di Sungai Cikuluwung Bogor/Istimewa
River tubing di Sungai Cikuluwung Bogor/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - River tubing sebenarnya merupakan salah satu jenis olahraga air yang tidak jauh berbeda dengan arung jeram. Bedanya, arung jeram dilakukan dengan cara berkelompok di atas perahu karet di aliran sungai yang mengalir deras.

Sedangkan, river tubing dilakukan dengan naik ban masing-masing mengikuti aliran sungai yang tenang dan lebih rileks. Oleh karena itu river tubing dinilai lebih aman, tapi sensasinya tidak kalah asyik dengan arung jeram.

Berbicara soal river tubing Smiling West Java merekomendasikan tiga spot wisata air river tubing yang bisa dijajal, berikut daftarnya:

1. Sungai Ciherang Purwakarta

Sungai Ciherang, terletak di Kampung Tanjaknangsi, Desa Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Siapkan stamina dan fisik yang kuat, sebab river tubing di sini bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan jalur penelusuran sepanjang 4,5 KM. Tapi jangan khawatir, pengelola wisata dari Ngamprak River Adventure akan memandu secara profesional.

Para pemandu juga akan bersiaga di sepanjang aliran sungai untuk memastikan wisatawan tetap aman selama mengikuti aliran Sungai Ciherang yang arusnya agak deras. Perlu dicatat, wisatawan akan diberikan helm dan jaket pelampung sebelum berpetualang.

Sensasi memacu adrenalin dan pemandangan alam yang disuguhkan membuat penyusuran dua jam lebih tak terasa. Tahu-tahu, ban yang dinaiki sudah memasuki titik finis di wilayah Kampung Babakan, Desa Raharja. Dari sini wisatawan akan kembali diangkut ke titik start.

Untuk merasakan sensasi dataran tinggi Purwakarta di Sungai Ciherang, wisatawan bisa merogoh kocek sekitar Rp120.000. Di sana juga tersedia penginapan dan tempat menyantap sate maranggi yang menjadi kuliner khas Purwakarta.

2. Sungai Santirah Pangandaran

Tak kalah dengan sensasi river tubing di Purwakarta, Sungai Santirah di Pangandaran memiliki pemandangan relief kars dan sungai berwarna hijau yang menambah sensasi kesegaran.

Akses menuju Santirah hanya 13 kilometer dari pusat kota Pangandaran dengan taksiran 35 menit perjalanan. Lokasi tepatnya terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Tak hanya relief kars, air terjun yang meluncur dari kanan dan kiri bakal menambah keseruan river tubing di Santirah. Penyusuran 1,5 KM di Sungai Santirah ini juga dihiasi dengan eksplorasi gua yang cukup panjang dan gelap.

Setelah menghanyutkan diri di Santirah, kamu juga bisa merasakan nikmatnya nasi liwet dengan lauk ikan atau ayam bakar, sambel terasi, goreng ikan asin yang menggugah selera. Stamina bakal lebih cepat pulih dengan air kelapa yang menjadikan momen bersantap lebih nikmat.

Santirah bisa dilalui memakai kendaraan pribadi dan mobil umum dari Pangandaran jurusan Parigi. Menggocek uang sekitar Rp20.000.

Untuk harga river tubing berkisar dari Rp100.000 hingga Rp135.000 per orang dengan rombongan minimal 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk pemandu, tiket wisata, parkir, peralatan river tubing, asuransi, makan nasi liwet, dan dokumentasi.

Fasilitas di tempat wisata juga sudah lengkap, penginapan, terdapat beberapa gazebo dan loker untuk menyimpan barang dan bersantap setelah river tubing, dan juga telah terdapat toilet yang memadai dan juga warung-warung kecil.

3. Sungai Cikuluwung Bogor

Satu lagi objek wisata river tubing di Jawa Barat. Kali tempatnya ada di Kopi Tubing berlokasi di Jalan Gunung Menir, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Di sana ada paket river tubing untuk anak-anak.

River tubing Fun Ride jaraknya hanya sekitar 100 meter untuk dua kali balikan dengan harga sekitar Rp55.000 per orang. Sarana ini bisa melatih keberanian anak-anak terhadap air di Sungai Cikuluwung yang airnya tenang nan jernih. Jangan khawatir, anak-anak dipakaikan pelampung agar lebih aman saat beraktivitas di air.

Sedangkan untuk orang dewasa, river tubing Adventure Ride harganya berkisar Rp127.000 per orang untuk minimal enam orang peserta. Pengelola akan memberikan harga khusus seiring dengan makin banyaknya jumlah peserta yang ikut.

Untuk orang dewasa, jalur river tubing dengan sajian keasrian alam Bogor akan berjarak sekitar 800 meter hingga 1 kilimeter. Disarankan untuk melakukan konservasi minimal tiga hari sebelum kegiatan untuk memastikan jalur river tubing aman.

Salah satu hal menarik lainnya dari river tubing di sini adalah wisatawan bisa langsung recharge dengan memesan kopi dan aneka kuliner yang disajikan oleh pengelola Kopi Tubing.

Sebab, tak hanya menyajikan river tubing, di sini juga ada restoran dan spot foto instagramble dengan latar persawahan yang alami.

Tertarik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper