Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Universitas Asal Inggris dan Australia Bakal Dirikan Kampus di Kota Bandung

Universitas asal Inggris dan Australia akan hadir di Kota Bandung, keduanya adalah Lancaster University dan Deakin University.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 12 Juli 2022  |  22:40 WIB
Universitas Asal Inggris dan Australia Bakal Dirikan Kampus di Kota Bandung
Wali Kota Bandung Yana Mulyana (kanan) dalam audiensi bersama perwakilan dari Lancaster University.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Universitas asal Inggris dan Australia akan hadir di Kota Bandung, keduanya adalah Lancaster University dan Deakin University. Kedua kampus ini rencananya akan mendirikan kampus bersama di Kota Bandung.

Untuk diketahui, perwakilan dari Universitas Deakin dan Universitas Lancaster telah beberapa kali mengadakan audiensi dengan Pemerintah Kota Bandung, yaitu pada 25 Mei 2022, yang diterima oleh Kepala Bagian Kerja Sama dan didampingi oleh beberapa dinas terkait. Dan pada 30 Juni 2022, yang diterima oleh Kepala Bappelitbang.

Dalam audiensi bersama perwakilan dari Lancaster University, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut Pemkot Bandung menyambut baik rencana pembangunan bersama kedua kampus ini.

“Kami sangat terbuka untuk penawaran kerja sama di bidang pendidikan. Tapi tentunya, perlu ada studi awal untuk menentukan lokasi yang diinginkan (untuk mendirikan kampus bersama),” ujar Yana di Balai Kota, Selasa (12/7/2022).

Pada perjalanannya nanti, Pemkot Bandung akan menunggu kajian awal terkait pendirian kampus bersama Lancaster University dan Deakin University.

Pemkot Bandung lewat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) juga akan membantu perizinan terkait hal ini.

Sementara itu, Pro Vice Chancellor Global Lancaster University Simon Guy menyebut ke depannya ada 3 fakultas yang direncanakan hadir di kampus gabungan ini.

Ketiga fakultas tersebut meliputi bisnis, komputer, dan mesin (engineering). Namun, pihaknya terbuka jika Pemkot Bandung mengajukan opsi fakultas lainnya.

“Kolaborasi ini sebagai upaya menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapai bersama,” ujar Simon.

Sebagai informasi, pemilihan Kota Bandung sebagai lokasi pendirian kampus gabungan sudah melalui proses panjang.

Hal ini juga dikarenakan Kota Bandung telah menjalin kerja sama yang baik dengan Kota Melbourne juga sudah ada kerja sama antara Universitas Deakin dengan Pasca Sarjana ITB.

Rencananya, kampus ini akan dibuka pada September 2023. Pada tahap awal akan dilakukan sewa lahan atau bangunan selama 5 tahun. Apabila prosesnya lancar, akan terbuka peluang investasi pembelian lahan di Kota Bandung.

Pendirian kampus gabungan ini akan melibatkan Navitas sebagai manajemen dan pengelola universitas tersebut. Adapun kini izin dari Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi masih berproses. Universitas Deakin akan membuat yayasan sebagai syarat pendirian universitas di Indonesia sampai mendapat rekomendasi.

Di sisi lain, Bappelitbang Kota Bandung menawarkan lokasi di Bandung Timur, khususnya Summarecon sebagai lokasi untuk pendirian kampus.

Untuk diketahui pula, Universitas Lancaster masuk dalam Top 15 Universitas di Inggris, nomor 146 di dunia menurut QS World University Rankings 2023 dan nomor 122 menurut Times Higher Education World University Rankings 2022.(k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung universitas
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top