Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sektor Maritim dan Perikanan Jabar Didorong Melesat

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Bambang Pramono mengatakan potensi maritim dan perikanan Jawa Barat sangat besar.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  17:15 WIB
Sektor Maritim dan Perikanan Jabar Didorong Melesat
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Bank Indonesia dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Barat mendorong sektor maritim dan perikanan Ciayumajakuning menjadi penopang kemajuan ekonomi Jawa Barat.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Bambang Pramono mengatakan potensi maritim dan perikanan Jawa Barat sangat besar.

Provinsi penyangga Ibukota Republik Indonesia ini, diapit oleh Laut Jawa di bagian utara dan lautan Hindia di bagian selatan. Garis pantai yang dimiliki sepanjang 817 kilometer.

"Potensi perikanan ini tidak hanya berhenti pada perikanan tangkap dan budi daya, namun juga memiliki potensi forward linkage yang besar terhadap industri makanan dan minuman, antara lain pengembangan industri pangan berbasis perikanan," kata Bambang melalui pesan tertulis, Rabu (29/6/2022).

Bambang menuturkan, potensi ekspor komoditas perikanan di Jawa Barat sangat tinggi. Pada triwulan 2 2022, ekspor fishing terhadap total ekspor sektor tersebut Jawa Barat mencapai 10,6 persen dengan pertumbuhan 57,92 persen.

"Hal ini menunjukkan urgensi untuk terus mendorong potensi ekspor komoditas sektor potensial seperti fishery, di tengah indekator kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat Ciayumajakuning yang perlu terus ditungkatkan," kata Bambang.

Catatan Bank Indonesia, sektor maritim dan perikanan di Tanah Pasundan berperan dalam menjaga ketahanan serta pengendalian inflasi di Jawa Barat.

Dalam basket inflasi, komoditas perikanan terbukti memberikan sumbangan 1,64 persen terhadap nilai konsumsi masyarakat di Jawa Barat.

Bambang mengatakan, dalam upaya menjaga ketahanan pangan ini perlu didukung oleh peningkatan produktivitas perikanan budidaya dan hasil laut. Keterlibatan semua pihak menjadi tolok ukur keberhasilan.

"Upaya ini juga harus disinergikan dengan berbagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan dan pembudidaya ikan," katanya.

Selain itu, dorongan yang dilakukan Bank Indonesia untuk mengimplementasikan Peraturan Pressburg no 87 tahun 2021 tentang Pengembangan Kawasan Rebana dan Pengembangan Jawa Barat Bagian Selatan.

Perikanan masuk sebagai salah satu fokus utama pengembangan ekonomi di Jawa Barat Utara dan Jawa Barat Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia perikanan
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top