Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Jabar Apresiasi Kolaborasi Swasta Pemerintah dalam Pemeliharaan Jalan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, akrab disapa Kang Emil menyampaikan apresiasinya kepada PT Tirta Investama (Aqua) Subang yang telah berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat dalam pemeliharaan jalan.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  19:36 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan jalan di Desa Darmaga Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang, yang merupakan hasil kolanorasi dengan Pabrik Aqua Subang. - istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan jalan di Desa Darmaga Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang, yang merupakan hasil kolanorasi dengan Pabrik Aqua Subang. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, akrab disapa Kang Emil menyampaikan apresiasinya kepada PT Tirta Investama (Aqua) Subang yang telah berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat dalam pemeliharaan jalan.

Hal ini disampaikan Kang Emil pada saat meninjau pelaksanaan pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan jalan di Desa Darmaga Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang, yang merupakan hasil kolanorasi dengan Pabrik Aqua Subang.

Perbaikan meliputi konstruksi overlay/hotmix panjang 300 meter atau volume 1.740 m2 di depan Desa Darmaga dan konstruksi patching dari Pasar Kasomalang sampai Darmaga dengan volume 1.417 m2 lokasi tersebar.

Kang Emil datang didampingi Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar, Bambang Tirtoyuliono dan disambut Pemdes dan warga Desa Darmaga. “Ini adalah contoh kolaborasi. Pengaspalan jalan juga bisa dilakukan oleh pihak-pihak lain yang melakukan investasi dan bisnis di Jawa Barat,” katanya seperti dikutip, Jumat (24/12/2021).

Kolaborasi seperti sekarang ini, kata Kang Emil, dilakukan melalui kerjasama antara desa, perusahaan Aqua Subang, dan Dinas Bina Marga Provinsi Jabar bisa menjadi contoh teladan kepada semua yang mempunyai bisnis di Jawa Barat.

Menurutnya, apabila kebetulan infrastrukturnya ada masalah, maka agar didahulukan program tanggung jawab sosialnya untuk memperbaiki infrastruktur di tempat berbisnisnya dahulu. “Jadi kalau Aqua Subang bisa, tempat-tempat lain juga bisa. Hatur nuhun Aqua Subang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pabrik Aqua Subang, Dwi Nofriyadi mengatakan, dalam kegiatan operasionalnya, pihaknya memiliki komitmen ganda untuk menjaga keseimbangan antara keberlangsungan bisnis dan perkembangan sosial lingkungan di sekitar perusahaan.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui Program Aqua Lestari sebagai acuan pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan secara berkelanjutan seperti penyedian sarana air bersih, konservasi, pengembangan ekonomi masyarakat yang berbasis pemberdayaan masyarakat dan program safety transportation berupa perbaikan jalan.

Bantuan yang diberikan Pabrik Subang ini juga merupakan realisasi wujud tanggungjawab sosial perusahan terhadap lingkungan. “Perusahaan memiliki program safe transportation, di mana implementasi dari program ini salah, salah satunya, berupa kegiatan perbaikan atau pemeliharaan sarana transportasi,” katanya.

Pihaknya menyatakan bakal melihat kondisi jalan dari mulai pabrik, mau ke arah ke Bandung maupun ke arah Sumedang, dan apabila diperlukan akan melakukan perbaikan jalan setiap tahunnya melalui kontruksi pacthing atau overlay. “Itu kita budgetkan setiap tahun,” katanya.

Perbaikan jalan, Dwi menjelaskan, berkolaborasi dengan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat serta instansi terkait. “Kita koordinasi dan yang menentukan titik dan pengerjaan Dinas Bina Marga Provinsi Jabar,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aqua ridwan kamil
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top