Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaleidoskop 2021: Mulai dari Kasus Covid-19 Paling Tinggi hingga Pelecehan Seksual Santri

Perjalanan 2021 bagi warga Bandung adalah tahun yang menunjukkan daya juang tinggi, terbukti dari kemampuan sektor ekonomi kuliner yang berhasil jadi penyelamat perekonomian kota Bandung di tengah tekanan pandemi Covid-19.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  13:56 WIB
Kaleidoskop 2021: Mulai dari Kasus Covid-19 Paling Tinggi hingga Pelecehan Seksual Santri
Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Tahun 2021 akan berakhir dalam waktu hitungan hari menuju 2022. Sepanjang 2021, terjadi berbagai peristiwa yang menjadi perhatian, mulai dari lonjakan kasus positif Covid-19, tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 hingga mencuatnya kasus asusila yang dilakukan guru pesantren terhadap belasan santri hingga melahirkan.

Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan menilai ada beberapa kejadian yang menyita perhatian. Menurutnya, perjalanan 2021 adalah masa persiapan untuk New normal pada 2022 dengan semangat perubahan dan penyesuaian dengan cepat dan radikal.

"Program vaksinasi Covid-19 yang gaspoll menghadapi tantangan munculnya variant Delta yang mematikan, belum lagi masalah distribusi vaksin dan obat Covid-19 yang tidak merata serta tingkat kepercayaan masyarakat terhadap vaksin yang sering diganggu berita hoax," ujar Farhan dalam keterangan persnya, Jumat (24/12/2021).

Kemudian, Indonesia dihadapkan dengan kehilangan prajurit TNI Angkatan Laut sejumlah 53 pasukan terbaik. Tenggelamnya kapal selam TNI AL bernama Nenggala pada Sabtu 24 April 2021 tidak kalah memilukan.

"Kita tidak hanya kehilangan Pahlawan kusumah bangsa, tetapi juga alutsista utama untuk menjaga laut kita yang belum sepenuhnya aman," katanya.

Peristiwa lainnya yaitu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) berhasil menyelamatkan tiga dari empat WNI yang disandera kelompok teroris Abu Sayyaf. Tiga WNI yang selamat itu di antaranya berasal dari Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yakni AKM (Laki-laki, 30), AD (Laki-laki, 41), dan AR (Laki-laki, 26).

Diketahui, pada Kamis 18 Maret 2021 Aparat Keamanan Filipina telah melakukan penyelamatan 3 (tiga) dari 4 (empat) WNI yang disandera oleh kelompok teroris Abu Sayyaf Group (ASG). Ketiganya berasal dari Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yakni AKM (Laki-laki, 30), AD (Laki-laki, 41), dan AR (Laki-laki, 26).

Penyelamatan dilakukan pada sore hari di perairan Tawi-Tawi saat kapal yang digunakan kelompok Abu Sayyaf membawa tiga WNI terbalik akibat gelombang laut. Para WNI sandera tersebut dipindahkan Abu Sayyaf dari Indanan, Sulu, ke tempat lain karena terdesak akibat operasi gabungan Aparat Keamanan Filipina. Ketiga WNI diamankan di Marine Police Station Tandubas, Tawi-Tawi. KJRI Davao melalui anggota TNI di Border Crossing Station Indonesia di Bongao, Tawi Tawi telah menemui, memverifikasi serta memeriksa kondisi para WNI. Mereka dalam keadaan sehat.

Sementara itu, kerja legislasi di DPR RI mengalami kebuntuan pada dua Rancangab Undang-undang (RUU) yang dinantikan masyarakat, yaitu RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) dan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Terutama TPKS, gagal disahkan ditengah mencuatnya kasus asusila Herry Wirawan yang menghamili 13 santrinya.

"Hal ini menjadi PR besar bagi kami di DPR RI karena keduanya tertahan dalam proses legislasi yang panjang," katanya.


Bandung

Farhan menilai, perjalanan 2021 bagi warga Bandung adalah tahun yang menunjukkan daya juang tinggi, terbukti dari kemampuan sektor ekonomi kuliner yang berhasil jadi penyelamat perekonomian kota Bandung di tengah tekanan pandemi Covid-19.

"Artinya Pemkot Bandung harus memberikan insentif kepada sektor yang memberikan sumbangan besar bagi perekonomian Kota Bandung," terangnya.

Persib Bandung juga menjadi perhatian pada 2021 dengan tagar viral #reneout. Farhan menilai, Persib sebagai ikon kebanggaan warga Bandung, walaupun menghadapi tekanan kuat dari kita semua, berhasil bertahan di posisi kedua pada klasemen Liga 1 putaran pertama.

"Tentu saja harapan kita Persib bisa melaju dan merebut gelar juara liga 2021/2022. Namun tahun ini warga Bandung berduka dengan kepergian Mang Oded, Wali Kota. Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT dan peninggalan positifnya akan memberikan semangat bagi kita semua untuk senantiasa berjuang bagi Kota Bandung," terangnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kaleidoskop Covid-19 Oded m danial
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top