Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Investasi: Jabar Tawarkan Investasi Pengembangan Kawasan Tambak Udang di Selatan

Salah satu tambak yang sudah relatif berjalan sukses adalah di Kecamatan Cimerak, perbatasan antara Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Tasikmalaya.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 September 2021  |  19:17 WIB
Jelajah Investasi: Jabar Tawarkan Investasi Pengembangan Kawasan Tambak Udang di Selatan
Pekerja memonitoring pakan atau pengecekan anco (jaring angkat) di kolam tambak udang vaname di Cimerak, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Jawa Barat bagian Selatan punya andalan selain pariwisata, perikanan. Salah satu yang tengah menjadi primadona dan pengembangan oleh pemerintah provinsi dan pelaku usaha di sana adalah udang vaname.

Salah satu tambak yang sudah relatif berjalan sukses adalah di Kecamatan Cimerak, perbatasan antara Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar, Hermansyah, mengatakan pesisir Jabar Selatan sepanjang 446 km ini memiliki banyak potensi yang belum tergarap. Pihaknya mendukung budi daya udang vaname karena secara ekonomi memiliki pasar yang luar biasa.

"Dengan banyaknya petambak maupun nelayan tentu akan mendorong hasil produksi perikanan di Jabar dan pada akhirnya kesejahteraan nelayan dan petani tambak adalah sasaran utama kami," ucapnya pada bisnis beberapa waktu lalu.

Tingginya potensi ini membuat Pemprov Jabar berencana menawarkan investasi pengembangan kawasan tambak udang yang meliputi Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Cianjur dan Sukabumi dengan indikasi anggaran Rp800 miliar. Produksi udang nasional per tahun yang masih jauh dari kebutuhan dunia menjadikan investasi sektor ini peluang besar.

Program Jelajah Investasi Jabar-Jateng 2021 diselenggarakan atas dukungan para sponsor yakni DPMPTSP Jawa Barat, Diskominfo Jawa Barat, PT Migas Hulu Jabar (MUJ), PT Bandaudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Bank BJB, JNE Regional Jawa Barat, Bank Indonesia Jateng, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, Bank Jateng Syariah, JNE Regional Jateng, XL Axiata, dan Daihatsu Semarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Investasi
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top