Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pemprov Jabar Percepat Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil di Jawa Barat dilaksanakan mulai 19 Agustus 2021.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Agustus 2021  |  17:59 WIB
Pemprov Jabar Percepat Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil
Seorang tenaga kesehatan sedang menyuntik vaksin Covid-19 kepada penerima vaksin. - Yuliana Hema
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil untuk menekan kasus penularan serta angka kesakitan akibat infeksi virus corona pada ibu hamil.

“Ibu hamil merupakan golongan yang rentan terinfeksi Covid-19, karenanya vaksinasi terhadap mereka sangat penting untuk segera dilakukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nina Susana Dewi dilansir Antara, Selasa (24/8/2021).

Nina mengatakan pelaksanaan vaksinasi pada ibu hamil harus segera dituntaskan mengingat perempuan yang sedang hamil berisiko tinggi terserang Covid-19 dan serangan penyakit itu bisa menimbulkan gejala berat yang dapat mempengaruhi kondisi janin yang dikandung.

Menurut data pemerintah provinsi pada 1 Agustus 2021, jumlah ibu hamil di Provinsi Jawa Barat kurang lebih 900.000 orang dan jumlah perempuan dengan usia kehamilan 13 sampai 34 minggu yang bisa mendapat vaksinasi Covid-19 sebanyak 193.479 orang.

Vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil di Jawa Barat dilaksanakan mulai 19 Agustus 2021. “Sampai dengan tanggal 23 Agustus 2021, jumlah ibu hamil yang sudah divaksinasi sebanyak 3.419 orang untuk dosis 1 dan yang sudah divaksinasi dosis 2 sebanyak 12 orang,” kata Nina.

Dia menambahkan bahwa jumlah ibu hamil yang selesai menjalani vaksinasi masih sangat sedikit karenanya dibutuhkan upaya akselerasi untuk meningkatkan cakupan vaksinasi pada ibu hamil.

“Percepatan vaksinasi perlu partisipasi dari semua sektor, baik pemerintah, swasta, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, untuk bisa bersama-sama menggerakkan ibu hamil agar datang ke pos vaksinasi terdekat,” katanya.

Nina menekankan bahwa vaksinasi Covid-19 aman bagi ibu hamil dan dibutuhkan untuk meningkatkan ketahanan ibu dan bayi yang dikandung dari infeksi virus corona.

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Jawa Barat Soni Sasotya menyatakan bahwa vaksinasi penting untuk melindungi ibu hamil dari serangan Covid-19. Dia berharap vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil di seluruh Jawa Barat bisa selesai akhir Oktober 2021.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar ibu hamil vaksinasi Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Antara

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top