PPDB 2021 Lancar, Kadisdik Jabar Dihadiahi Wayang Golek Mirip Dirinya

Mengenai PPDB 2021, dia menilai selalu memiliki catatan pada setiap tahunnya. Khusus di Jawa Barat, PPDB 2021 ini dinilai sudah jauh kian lancar dan baik.
Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi (kanan)
Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG — Sejumlah organisasi pemerhati pendidikan Jawa Barat memberikan wayang golek yang memiliki paras mirip dengan Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi. Pemberian ini dilandasi karena Dedi dianggap berhasil menjalankan PPDB 2021.

Ketua Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LBP2) Jawa Barat Asep B Kurnia yang membawa cenderamata wayang golek berwajah Dedi Supandi tersebut.

Asep bersama belasan organisasi pemerhati pendidikan lainnya di Kantor Disdik Jabar yaitu hendak melakukan audiensi terkait Pelaksanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021.

Menurut Asep, Wayang golek merupakan seni tradisional ataupun kebudayaan yang hadir di Jabar.

"Saya aplikasikan bahwa orang Sunda itu tidak lepas dari silaturahmi, silih nyaah, silih asah, silih asih jeng silih asuh. Artinya mudah-mudahan dengan pengingat wajah itu pak Kadisdik Jabar atau pejabat-pejabat yang lain tidak lepas unsur silaturahminya silih asah, silih asuh, silih asih," ujar Asep dalam rilis yang diterima bisnis, Minggu (8/8/2021).

Mengenai PPDB 2021, dia menilai selalu memiliki catatan pada setiap tahunnya. Khusus di Jawa Barat, PPDB 2021 ini dinilai sudah jauh kian lancar dan baik.

"Jadi audiensi ini sebagai bentuk dan aspirasi untuk teman-teman. Tapi intinya kami bersepakat, bahwa audiensi saat ini Dinas Pendidikan Jawa Barat berjalan aman dan tentram. Alhamdulillah, ini merupakan suatu peningkatan dari tahun-tahun sebelumnnya,, khususnya kepada Kadisdik Provinsi Jabar," katanya.

Menurut dia, yang menjadi evaluasi terkait PPDB 2021 di Jabar adalah, pihaknya tidak bisa menutup mata bahwa di sekolah yang berada di kabupaten-kabupaten kota ini masih banyak zona blank spot (tempat kosong) atau kondisi di mana suatu tempat tidak tersentuh atau tidak terlingkupi oleh sinyal komunikasi. Dimana disitu harus dibangun sekolah-sekolah SMK yang baru.

"Ya, minimal perwilayah kabupaten atau kota 10 sekolah baru harus dibangun, mudah-mudahan terkejar tahun depan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi memastikan membuka pintu kepada berbagai pihak yang memiliki semangat untuk memajukan sektor pendidikan di Jabar.

"Termasuk terkait mendengarkan aspirasi dari mereka. Karena untuk memajukan pendidikan di Jawa Barat ini tidak hanya kepala dinas yang harus terlibat melainkan semua unsur," ujar Dedi.

Disinggung soal simbol wayang golek yang dia terima, Dedi menyampaikan terimakasih. Karena hal tersebut menjadi pengingat untuk diri pribadinya, untuk selalu menanamkan budaya silaturahminya silih asah, silih asuh, silih asih.

"Dengan mengedepankan silaturahmi, maka aspirasi dari berbagai pihak mengenai sektor pendidikan akan terjalin. Karena ini juga untuk kemajuan Jawa Barat Juara Lahir Batin termasuk juara di sektor pendidikan," pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper