Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelajah Segitiga Rebana III: Patimban Siap Beroperasi, Kebutuhan Listrik Melejit

Keberadaan Pelabuhan Patimban menjadi magnet bagi investor berinvestasi di Subang dan sekitarnya. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya calon pelanggan baru Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan tersebut.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  16:14 WIB
Aktivitas proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020). Bisnis - Rachman
Aktivitas proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, PURWAKARTA - Keberadaan Pelabuhan Patimban menjadi magnet bagi investor berinvestasi di Subang dan sekitarnya. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya calon pelanggan baru Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan tersebut.

Manajer PLN UP3 Purwakarta, Rahmi Handayani mengatakan calon pelanggan baru PLN tersebut merupakan pelanggan dengan kategori kebutuhan listrik tegangan tinggi.

Seperti untuk Pelabuhan Patimban itu sendiri, kemudian ada dari proyek kawasan industri terintegrasi yang dilakukan konsorsium BUMN, RNI, Wika dan PTPN VIII, Kawasan Subang Smartpolitan yang digagas PT. Suryacipta Swadaya, dan kawasan industri lainnya.

Jika ditotalkan, kata Rahmi, kebutuhan listik di Subang ini mencapai 1 Gwh. Artinya, PLN kini tengah bersiap membangun Gardu Induk (GI) baru untuk memasok kebutuhan listrik di kawasan-kawasan tersebut.

"Rencananya kita akan membuat Gardu Induk baru untuk di kawasan Patimban, kemudian di kawasan-kawasan lain yang membutuhkan listrik tegangan tinggi," ungkapnya, di Kantor PLN UP3 Purwakarta, Senin (26/10/2020).

Hal ini lanjut Rahmi, menjadi kesempatan sekaligus tantangan dalam memenuhi kebutuhan energi listrik di kawasan tersebut.

"Kita harus kerja keras karena tugas kita memang begitu," jelasnya.

Program Jelajah Segitiga Rebana III digelar lewat dukungan para sponsor mulai dari PLN UID, Surya Semesta Internusa (SSIA), Humas Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Bappeda Jabar, PT MUJ ONWJ, Cardinal, Chitose, Astra Infra Tol Road Cikopo-Palimanan, PT BIJB, ASDP, Dinas Pariwisata dan Kebudayan Jabar, Bank BJB, PT Pegadaian, XL Axiata, Robot Biru, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia.(K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Segitiga Rebana
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top