Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potensi Tsunami 20 Meter di Pantai Selatan, Disparbud Jabar Susun Strategi Mitigasi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) langsung menyusun langkah strategis dan mitigasi pariwasata usai adanya kajian gempa megathrust hingga potensi tsunami 20 meter yang dilakukan Tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB).
Kepala Disparbud Jawa Barat, Dedi Taufik/Bisnis-Wisnu Wage
Kepala Disparbud Jawa Barat, Dedi Taufik/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) langsung menyusun langkah strategis dan mitigasi pariwasata usai adanya kajian gempa megathrust hingga potensi tsunami 20 meter yang dilakukan Tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kepala Disparbud Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, kajian tersebut sangat penting karena dibuat oleh orang-orang yang memiliki kompetensi. Meski masih prediksi hal yang paling logis saat ini adalah menyiapkan berbagai kebijakan untuk menekan potensi dampak yang terjadi.

Terlebih, di kawasan Pantai Selatan banyak destinasi wisata andalan Jawa Barat untuk menarik kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya mengaktivasi program tourism crisis management.

“Kami tentu akan membahas hal ini dengan pemerintah kabupaten kota termasuk para pelaku industrinya. Terutama mengenai manajemen krisis yang harus terus diaktifkan dengan baik, termasuk membentuk masyarakat yang juga sadar bencana,” kata dia saat dihubungi, Rabu (30/9/2020).

Hasil kajian mengenai tsunami tersebut, isempat membuat was-was pelaku industri pariwisata Jawa Barat dan calon wisatawan. Persepsi yang terbentuk, tsunami akan terjadi sebentar lagi.

"Kami tetap menganggap hasil kajian ini penting, kita tidak boleh anti atau menolak mentah-mentah karena ada pakar yang terlibat dalam penelitian. Tugas kita kan menekan potensi kerusakan dan korban jika memang itu terjadi,” tuturnya.

“Di sisi lain, ada indikasi bahwa informasi mengenai kajian tersebar tanpa data yang utuh. Rencananya, kami akan sosialisasi dengan menggandeng para pakar (yang terlibat dalam penelitian) agar informasinya utuh, termasuk menggandeng BPBD membahas mitigasi,” ia melanjutkan.

Disinggung mengenai usaha investor atau pengusaha tetap berkegiatan di pantai selatan, Dedi menilai hal itu bergantung pada komitmen semua pihak, termasuk pemerintah daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper