Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pekerja Perhotelan, Restoran dan Manufaktur Bertahap Mulai Dipekerjakan Kembali

Disnaker Kota Bandung memastikan karyawan yang bekerja di sektor perhotelan, restoran dan manufaktur yang sempat dirumahkan akibat Pandemi Covid-19 bertahap mulai dipekerjakan kembali.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  16:10 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung memastikan karyawan yang bekerja di sektor perhotelan, restoran dan manufaktur yang sempat dirumahkan akibat Pandemi Covid-19 bertahap mulai dipekerjakan kembali pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan, pasca diberlakukan AKB, perhotelan, restoran dan manufaktur perlahan sudah mulai beroperasi.

Arif mengaku belum mendapat data lengkap berapa jumlah karyawan yang sudah kembali bekerja di perusahaan lamanya.

"Sampai sekarang belum terdata jumlahnya. (pekerja yang kembali bekerja di masa AKB), memang masih relatif kecil (jumlahnya) karena ketika mereka (perusahaan) membuka kembali harus mempersiapkan kondisi kantor atau perusahaannya, tapi sudah mulai menggeliat," ujar Arif, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Kamis (2/7/2020).

Namun, pada saat terjadinya Pandemi Covid-19 sejak Maret lalu, mengakibatkan diberlakukannya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) oleh Pemerintah. Dampknya,operasinalisasi tempat usaha terhambat akibat pandemi Covid-19 yang akhirnya 9.200 pegawai, 3.396 diantaranya diputus hubungan kerja (PHK) dan 5.804 orang di rumahkan.

Oleh karenanya, Disnaker berupaya memasilitasi para pekerja yang terdampak itu dengan mengadakan pemagangan dalam negeri, bekerja sama dengan ritel dan hotel. Total kata dia, ada 100 orang yang akan mendapat pelatihan sebelum kembali diserah perusahaan.

"Diharapkan bisa bekerja setelah mendapat pelatihan itu. Pelatihannya baru mulai berjalan, totalnya ada 100 orang, sudah selesai perekrutannya," katanya. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung New Normal
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top