Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumedang Genjot Lagi Penataan Kawasan Jatigede

Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir memastikan pihaknya siap untuk kembali membuka tempat wisata dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Rencana pembangunan kawasan Jatigede kembali dilanjutkan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 14 Juni 2020  |  11:25 WIB
Wisata di Kawasan Jatigede Sumedang - Istimewa
Wisata di Kawasan Jatigede Sumedang - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir memastikan pihaknya siap untuk kembali membuka tempat wisata dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Rencana pembangunan kawasan Jatigede kembali dilanjutkan.

Bupati Donny Ahmad Munir mengatakan pihaknya sudah berkonsultasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait persiapan Sumedang membuka aktifitas tempat wisata terutama pariwisata yang bersifat alam terbuka/outdoor.

“Atas masukan dengan Pak Gubernur soal destinasi wisata, kita tidak boleh juga meratapi kesedihan,” katanya kepada Bisnis, Minggu (14/6/2020).

Menurutnya pihaknya mempersiapkan pembukaan tempat wisata yang aman dan menerapkan standar kesehatan agar bisa segera dikunjungi masyarakat. Terlebih, pembangunan tempat wisata yang dibiayai APBD Provinsi sebagian besar masih bisa dilanjutkan.

“Tempat wisata Sumedang dibangun tahun ini, secara bertahap karena anggarannya menjadi Rp15 miliar. Awalnya Sumedang dapat Rp30 miliar tapi terpotong oleh refocusing untuk penanganan Covid-19,” ujarnya.

Sejumlah pembangunan fisik yang dilanjutkan antara lain fasilitas Paralayang di kawasan Kampung Toga, Batu Dua yang masuk dalam wilayah Jatigede yang rencananya akan dilengkapi oleh fasilitas kuliner dengan kawasan pandang di lokasi yang menurutnya menawan. “Itu masuk tahap I, ada tempat take off, taman bunga, kuliner, ini seperti di Bali,” ujarnya.

Tahun lalu, Sumedang sukses menggelar turnamen paralayang internasional. Turnamen pertama kali digelar ini sukses menyedot antusiasme 160 pilot paragliding dari kurang lebih 20 negara.

Sumedang sudah menyiapkan lahan sekitar 610 hektar di kawasan Jatigede yang terdiri dari lahan masyarakat, Perhutani dan tanah pemerintah. Ditargetkan menjadi KEK Pariwisata, paling tidak sudah ada 10 titik potensial yang akan dikembangkan ke depan menjadi padang golf, resort, dan hotel, serta objek wisata lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top