Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sekda Jabar Beberkan Progres Tol Cisumdawu

Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah fokus mendorong agar penyelesaian pembebasan lahan di Tol Cisumdawu berlangsung cepat.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 Juli 2019  |  10:30 WIB
Sekda Jabar Iwa Karniwa (kiri) - Bisnis/Wisnu Wage
Sekda Jabar Iwa Karniwa (kiri) - Bisnis/Wisnu Wage
Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah fokus mendorong agar penyelesaian pembebasan lahan di Tol Cisumdawu berlangsung cepat.
Iwa mengakui Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan BPJT sudah meminta Pemprov membantu akselerasi pembangunan Tol Cisumdawu terutama di seksi I Cileunyi-Rancakalong dan Seksi II Rancakalong-Sumedang. 
“Kami juga sudah mendapat arahan dari Pak Gubernur, kuncinya untuk dua seksi ini ada di konsinyasi lahan,” ujarnya di Bandung, Rabu (10/9/2019).
Saat ini untuk seksi I yang sudah mencapai 68% sejumlah lahan yang dibebaskan tinggal menunggu pemberkasan sementara seksi II dengan 92% penguasaan lahan menyisakan dari 51 lahan yang dilakukan konsinyasi tinggal 34 lahan yang belum bersedia. “Untuk yang 17 sudah bersedia dilakukan pembayaran dan segera pembebasan lahan,” tuturnya.
Dia juga mengatakan pihaknya akan mendorong proses pengajuan konsesi lahan Perhutani yang diajukan oleh Badan Usaha Jalan Tol Cisumdawu PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk seksi VI Ujungjaya-Dawuan izinnya bisa berlangsung cepat. “Lahan Perhutani seluas 160 hektare terkena jalan tol, ini sedang dalam proses. Kita bantu proses administrasi termasuk pergantiannya,” katanya.
Menurutnya diharapkan dengan upaya ini maka seksi I dan II juga seksi III Cileunyi bisa dioperasikan akhir 2019 atau awal 2020 mendatang. “Ini untuk menopang kemudahan akses menuju Bandara Kertajati,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cisumdawu
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top