Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Italia Tuding Prancis Manfaatkan Ketegangan di Libya

Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 22 Januari 2019  |  18:49 WIB

Bisnis.com, ROMA - Italia melalui Wakil Perdana Menteri Matteo Salvini kembali terlibat dalam adu mulut dengan Prancis. Kali ini, Salvini menuding Prancis tidak tertarik untuk mewujudkan ketenangan di Libya yang dilanda kekerasan.

Salvini mengatakan Prancis berniat untuk mengskestraksi kekayaan dari Afrika dari pada membantu negara-negara di kawasan tersebut untuk mengembangkan ekonominya, terutama Libya yang kacau sejak pemberontakan yang didukung NATO pada 2011.

"Di Libya Prancis tidak tertarik untuk menstabilkan situasi, mungkin karena memiliki kepentingan minyak yang bertentangan dengan kami," kata Salvini dikutip dari Reuters, Selasa (22/1/2019).

Dua perusahaan terkenal dari masing-masing negara, yakni Eni Italia yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi migas membentuk usaha patungan dengan perusahaan minyak Total Prancis di Libya.

Namun CEO Eni Claudio Descalzi membantah tudingan bahwa ada konflik dengan Total terkait sumber energi di negara bagian Afrika Utara tersebut.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Prancis memanggil duta besar Italia untuk dimintai keterangan setelah adanya tudingan bahwa negara beribu kota Parus itu hendak menciptakan kemiskinan di Afrika.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandung raya

Sumber : reuters

Editor : Tegar Arief

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top