Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BANDUNG - Kolesterol terdapat di dalam tubuh manusia yang bisa berfungsi untuk mencerna makanan, memproduksi hormon serta menghasilkan vitamin D.

Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol LDL (low-density lipoprotein/kolesterol jahat) dan HDL (high-density lipoprotein/ kolesterol baik).

Kadar kolesterol LDL yang tinggi secara medis dikenal sebagai hiperkolesterolemia. Kolesterol jenis ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung. Kolesterol pada tingkat normal merupakan zat penting bagi tubuh.

Tapi, bila konsentrasi kolesterol tinggi dalam darah, itu menjadi bahaya dan bisa membuat orang berisiko terkena serangan jantung. Orang-orang dari segala usia dapat memiliki kolesterol tinggi dan jika tidak dikendalikan tepat waktu, dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti stroke, serangan jantung dan nyeri dada.

Namun, semua itu sebenarnya bisa diturunkan dengan mengosumsi sejumlah makanan. Berikut makanan tersebut seperti dilansir Boldsky:

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan menu sarapan populer yang tak hanya mengenyangkan, namun juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah sehingga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Jus jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk alami berguna untuk memperbaiki keadaan lipid darah pada mereka yang mengidap kolesterol tinggi. Sebabnya, jeruk mengandung vitamin C, folat, dan flavonoid di dalamnya.

3. Kacang almond

Kacang almond dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Penelitian mencatat bahwa konsumsi kacang almond setiap hari bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat 3% hingga 19%.

4. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang disebut dengan EPA dan DHA yang berguna untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik. Konsumsilah setidaknya 2 porsi salmon setiap minggu untuk menjaga kesehatan jantung.

5.Teh hijau

Teh hijau adalah minuman sehat yang terbukti bermanfaat untuk menyerap kolesterol jahat di saluran pencernaan dan mencegah penumpukan plak di arteri.

6. Kacang kedelai

Mereka yang menderita kolesterol tinggi disarankan untuk makan kedelai. Sebab kacang-kacangan ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat berkualitas tinggi yang membantu untuk menurunkan kolesterol jahat.

7. Avokad

Avokad merupakan buah yang jadi sumber lemak tak jenuh. Avokad juga kaya akan vitamin B kompleks, vitamin K, dan beberapa mineral lainnya yang semua bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Menambahkan minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan kolesterol.

9. Cokelat hitam

Cokelat ini mengandung theobromine yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik.

10. Bawang putih

Bawang putih adalah rempah-rempah yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi jantung dari kontaminasi kolesterol jahat

Menurut sebuah penelitian, ekstrak bawang putih merupakan alternatif yang efektif dan aman untuk obat tekanan darah dan obat penurun kolesterol bagi banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper