Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Teh hitam adalah minuman yang paling umum dikonsumsi di masyarakat. Hal ini karena teh hitam kaya akan antioksidan yang disebut polifenol yang melindungi sel manusia dari berbagai jenis kanker.

Teh hitam difermentasi dan dioksidasi, yang memberi warna unik, rasa dan manfaat kesehatan. Teh hitam sejauh ini merupakan varietas teh yang paling populer karena mengandung manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya.

Untuk lebih jelas mengenai teh hitam, berikut manfaat di balik kesehatan teh hitam seperti dilansir Boldsky. Yuk Mulai konsumsi.

1. Menurunkan risiko kanker ovarium

Teh memiliki kemampuan untuk melawan beberapa jenis kanker, terutama kanker ovarium. Theaflavin adalah antioksidan polifenol yang ada dalam teh yang dapat menghambat proliferasi sel kanker ovarium.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh hitam mengandung flavonol, theaflavin dan asam gallic yang meningkatkan kesehatan jantung. Teh menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

Minum 3 cangkir teh hitam per hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

3. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes adalah penyakit kelainan metabolik. Minum teh hitam dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Itu karena katekin dan theaflavin dalam teh hitam membantu membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan mencegah disfungsi sel beta.

4. Meningkatkan imunitas

Teh hitam kaya antioksidan yang menangkal radikal bebas. Radikal oksigen ini cenderung bermutasi DNA dan menghambat fungsi sel normal. Teh hitam menghaluskan radikal oksigen, sehingga membantu mengembalikan fungsi sel.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang mulai menurun. Minum teh hitam setiap hari dapat memulihkan kepadatan tulang, karena teh hitam merupakan pengganti kalsium untuk mencegah osteoporosis.

6. Mengurangi risiko parkinson

Penyakit Parkinson banyak menyerang orang tua. Penelitian menunjukkan bahwa teh hitam mengandung polifenol yang memiliki efek neuroprotektif pada otak, sehingga mengurangi risiko penyakit Parkinson

7. Pencernaan sehat

Minum teh hitam bisa meningkatkan mikroba baik pada usus. Polifenol dalam teh hitam mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya di usus, sehingga mencegah sakit maag.

8. Mencegah obesitas

Obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit yang mengancam jiwa. Teh hitam mengurangi lemak viseral yang menurunkan berat badan.

9. Meredakan asma

Jika menderita asma dan masalah pernapasan lainnya, minum teh hitam adalah solusinya. Studi penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat meredakan asma karena flavonoid.

10. Meredakan stres

Mengonsumsi teh hitam bisa mengurangi hormon stres dalam tubuh dan mengendurkan saraf.

11. Bagus untuk kesehatan mulut

Kesehatan mulut sangat penting untuk mencegah gigi berlubang. Teh hitam memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang akan melindungi gigi dari rongga, plak dan kerusakan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper