Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ngeri, Dokter Temukan Batu Sebesar Telur Unta di Tubuh Pria Ini

Seorang dokter menemukan batu sebesar telur unta di dalam kandung kemih pria asal California, Amerika Serikat. Pada mulanya, pria 64 tahun itu kerap mengeluh sakit karena kesulitan buang air kecil.
Batu yang ditemukan oleh dokter bedah/Daily Mail
Batu yang ditemukan oleh dokter bedah/Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG -- Seorang dokter menemukan batu sebesar telur unta di dalam kandung kemih pria asal California, Amerika Serikat. Pada mulanya, pria 64 tahun itu kerap mengeluh sakit karena kesulitan buang air kecil.

Dilansir Daily Mail, CT scan menunjukkan adanya batu pada kandung kemih, kondisi yang paling sering menyerang pria berusia 50 tahun atau yang lebih tua.

Batu tersebut berukuran 4,7 inci x 3,7 inci x 3 inci. Setelah operasi untuk menghilangkan batu tersebut, dokter mengkonfirmasi berat batu yakni 770 gram.

Pemindaian perut pria yang tak dikenal ini juga ternyata mengungkap adanya batu lain yang jauh lebih kecil di ureter kirinya, tabung yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih.

Menurut laporan tersebut, yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, dokter yang merawat pria itu menjelaskan bahwa dia menderita kanker kandung kemih lebih dari satu dekade sebelumnya.

Ahli bedah kemudian melepaskan kandung kemihnya, tapi membangun apa yang disebut 'neobladder' dari bagian usus pria itu. Seperti kandung kemih biasa, neobladder terhubung ke ureter dan uretra.

Ini akan menciptakan cara baru untuk mengeluarkan urine dari tubuh, dengan prosedur ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena batu, kata penulis.

Selain operasi untuk mengangkat batu, pria tersebut diberi perawatan laser untuk memecah batu lainnya di ureter kirinya. Jurnal tersebut menyatakan bahwa tidak ada masalah lebih lanjut setelah pembedahannya, dan sekarang dia dipantau oleh dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Kahfi
Sumber : Daily Mail
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper