Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menpar Tetapkan 3 Program Pengembangan Pariwisata

Menpar telah menetapkan tiga program pengembangan pariwisata antara lain pengembangan pariwisata melalui digital tourism, homestay desa wisata dan aksesibilitas.
Novianti
Novianti - Bisnis.com 13 Maret 2017  |  19:37 WIB
Menpar Tetapkan 3 Program Pengembangan Pariwisata
Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Menpar telah menetapkan tiga program pengembangan pariwisata antara lain pengembangan pariwisata melalui digital tourism, homestay desa wisata dan aksesibilitas.

Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya mengatakan tiga program pengembangan pariwisata bertujuan untuk mengejar target sektor pariwisata tahun 2019, yaitu meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta kunjungan.

“Sektor pariwisata adalah leading sector penyumbang PDB,” ujar Arief pada, Senin (13/3/2017) di acara Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Pariwisata Ke-III.

Arief menambahkan target sektor pariwisata lainnya adalah perolehan devisa sebesar Rp280 triliun, kontribusi terhadap PDB nasional sebesar 8%, menciptakan 13 juta lapangan kerja serta daya saing para pariwisata Indonesia.

Untuk mencapai target tersebut, telah ditetapkan digital tourism,homestay desa wisata dan aksesibilitas adalah program pengembangan yang harus dilaksanakan tahun 2017 ini.

Digital tourism dipilih sebagai tantangan global dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen pariwisata yang membutuhkan dukungan digital.

Sementara itu, homestay desa wisata dipilih untuk melibatkan masyarakat setempat dalam penyediaan 10 destinasi prioritas antara lain Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger-Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi dan Morotai.

Aksesibilitas dipilih untuk mengoptimalkan dan memudahkan akses menuju 10 destinasi prioritas tersebut.

“Atraksi, akses dan amenitas adalah kunci pembangunan pariwisata,” tambahnya.

Selain itu, Menpar juga akan mengoptimalkan sinergi dari lima pemangku kepentingan utama yang terhimpun dalam sinergi Pentahelix.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bisnis Nasional
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top