Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Target Jabar Hattrick Juara Umum PON Sudah di Depan Mata

Jumlah medali yang berhasil diraih Jabar mengungguli daerah lain berdasarkan data yang dihimpun di website konijabar.or.id.
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyalami atlet PON Jabar
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyalami atlet PON Jabar

Bisnis.com, BANDUNG--Kontingen Jawa Barat untuk sementara berada di puncak klasemen sebagai peraih medali terbanyak dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut). 

Per Rabu (18/9/2024) malam, atlet Jawa Barat meraih 139 medali emas, 128 perak dan 125 perunggu.

Jumlah medali yang berhasil diraih itu mengungguli daerah lain berdasarkan data yang dihimpun di website konijabar.or.id. 

Wakil Ketua Kontingen Jawa Barat Dedi Taufik optimistis semua atlet bisa menjaga performa untuk mendapat hasil maksimal dalam setiap cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Semua pihak yang terlibat akan berusaha merealisasikan target hattrick juara umum.

“Kami mengapresiasi perjuangan semua atlet yang berlaga. Hasil ini patut disyukuri dan bisa menambah motivasi untuk merealisasikan target juara umum PON tiga kali berturut-turut,” ucap Dedi Taufik.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar ini mengaku terus memantau semua perkembangan dan kondisi atlet Jawa Barat yang berlaga di Aceh dan Sumatera Utara.

“Semua atlet, ofisial dan pelatih pasti menjaga fokusnya. Persaingan sekarang sangat ketat. Masyarakat Jawa Barat mendoakan para atlet. Semoga cabor yang tersisa bisa dimenangkan, sehingga ketika PON berakhir, Jawa Barat bisa menjadi juara umum,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jawa Barat Muhammad Budiana mengatakan raihan medali yang sudah dikoleksi kontingen Jawa Barat sudah sesuai dengan skenario dan perhitungan tim satuan pelaksana (Satlak) KONI Jabar.

"Ya artinya kita masih on the track. Medali yang diraih hari ini sudah sesuai dengan perhitungan dan skenario. Target yang sudah kita canangkan setiap harinya alhamdulillah tercapai.  Dan ini akan berlanjut sampai kita bisa meraih Jabar Hattrick," ungkap Budiana.

Untuk itu, ia berharap atlet tetap fokus kepada pertandingan, fokus kepada nomor yang diikuti. Tidak memikirkan hal-hal lain seperti halnya kondisi non teknis di lapangan. Disinggung mengenai persoalan non teknis, KONI Jabar dan pihak yang bertanggungjawab dengan kontingen Jabar sudah menyiapkan pendampingan dari bidang hukum.

“Atlet jangan terganggu dengan hal lain di luar pertandingan. Fokus harus dijaga. Tim psikologi KONI Jabar juga terus melakukan pendampingan,” tegas dia.
 
Diketahui, cabor dayung memborong 25 medali emas PON XXI/2024 yang dilaksanakan di Waduk Keuliling, Aceh Besar. Jumlah itu melebihi target yang dicanangkan sebanyak 17 emas. 

Sebelumnya, target hattrick Juara Umum PON disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. Pada dua penyelenggaraan sebelumnya kontingen Jawa Barat didapuk sebagai juara. Yakni, pada 2016 dan 2021.

Pihak Pemprov Jabar mengupayakan persiapan dengan matang, termasuk mengirim sejumlah atlet untuk pemusatan Latihan di luar negeri. “Jadi ini upaya ikhtiar kita Pemprov Jabar agar kita bisa mengejar target Jabar Hattrick menjadi juara PON,” jelas Bey.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper