Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jabar 2024: Profil Erwan Setiawan, Anak Bos Persib yang Jadi Pendamping Dedi Mulyadi

Pada 2018, Donny Ahmad Munir mendapuk Erwan sebagai Calon Wakil Bupati Sumedang. Pasangan ini memenangkan Pilkada Sumedang dan menjabat hingga 2023.
Erwan Setiawan (tengah)
Erwan Setiawan (tengah)

Bisnis.com, BANDUNG--Tak ada yang mengira, Erwan Setiawan akan didapuk Dedi Mulyadi menjadi pendampingnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024.

Dia menggeser kandidat dari Partai Golkar lain seperti Ade Ginanjar dan Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Sesungguhnya Erwan Setiawan bukan tokoh politik kemarin sore. Karir politiknya terentang cukup panjang di sela karirnya yang dimulai sebagai pengusaha dan nama H.Umuh Muchtar, ayahnya yang dikenal sebagai manajer Persib Bandung.

Lahir 29 Juli 1970, Erwan memulai karier bisnisnya pada 2010 sebagai Direktur CV Ganeca Kiara. Ia lantas bergabung dengan Partai Demokrat yang mengantarkannya sebagai Anggota DPRD Kota Bandung pada periode 2009-2014 sekaligus Ketua DPRD Kota Bandung.

Pada periode 2009-2014, ia menjabat sebagai Ketua Partai Demokrat Kota Bandung. Pada 2013 ia pernah mencoba pertarungan politik di Pilwakot Bandung menjadi calon Wakil Wali Kota berpasangan dengan Edi Siswadi. Pasangan ini kalah oleh Ridwan Kamil-Oded M Danial pada waktu itu.

Erwan kembali menjadi anggota Komisi C DPRD Kota Bandung untuk periode 2014-2019. Kemudian, pada 2018, Donny Ahmad Munir mendapuknya sebagai Calon Wakil Bupati Sumedang.

Pasangan ini memenangkan Pilkada Sumedang dan menjabat hingga 2023. Erwan pun diketahui kemudian berlabuh ke Partai Golkar.

Erwan memulai pendidikannya di Politeknik Industri dan Niaga Bandung. ia lulus pada tahun 1996 kemudian melanjutkan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Langlangbuana, menyelesaikan studinya pada tahun 2008.

Erwan awalnya akan bertarung di Pilkada Sumedang 2024 melawan mantan koleganya Dony Ahmad Munir. Dinamika politik berkata lain, kini, bersama Dedi Mulyadi, ia menatap jenjang yang lebih tinggi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper