Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jabar 2024: Profil dan Rekam Jejak Dedi Mulyadi, Cagub Andalan KIM

Selain menduduki posisi di legislatif dan pemerintahan, Dedi juga menjabat beberapa kedudukan di berbagai organisasi.
Dedi Mulyadi
Dedi Mulyadi

Bisnis.com, BANDUNG--Kedua kalinya, Dedi Mulyadi akan berlaga di ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat.

Pada 2018 lalu, ia menjadi calon wakil gubernur berpasangan dengan Deddy Mizwar yang diusung Golkar dan Demokrat.

Kini, ia menjadi calon gubernur dengan pasangan mantan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan. Selasa (27/8/2024) ini, pasangan yang disingkat 'Dermawan' tersebut akan mendaftar ke KPU Jabar. 

Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan rencananyaakan diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) yakni Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat dan PSI serta didukung 9 partai non parlemen (Hanura, Gelora, Garuda, PKN, Partai Buruh, PRIMA, Perindo, PBB dan Partai Ummat).

Pria yang akrab disapa Kang Dedi ini lahir di Subang, 11 April 1971. Usai Pilgub Jabar 2018, ia duduk di Senayan sebagai anggota DPR  kemudian menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Perum Bulog dan Badan Restorasi Gambut Mangrove.

Dedi mengawali karir politiknya sebagai Ketua Komisi E DPRD Purwakarta pada tahun 1999-2003. Satu periode di legislatif, Dedi terpilih menjadi Wakil Bupati Purwakarta periode 2003-2008. Selanjutnya ia naik menjadi Bupati Purwakarta selama dua periode mulai tahun 2008 hingga 2018.

Selain menduduki posisi di legislatif dan pemerintahan, Dedi juga menjabat beberapa kedudukan di berbagai organisasi. Mulai dari Ketua HMI Purwakarta (1994), Wakil Ketua DPC FSPSI (1997), Wakil Ketua GM FKPPI (2002), Ketua PC Pemuda Muslimin Indonesia (2002), Ketua KAHMI Jawa Barat (2002).

Lalu, Ketua DPD Golkar Purwakarta (2004-2007), Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Purwakarta (2005-2015), Ketua DPD Golkar Jabar (2016-2020) dan Ketua DPP Golkar Bidang Pertanian (2020-s/d 2022).

Dari Golkar, ia pindah haluan dengan bergabung ke Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto.

Dari sisi pendidikan Dedi memulainya dengan bersekolah di SDN Sukabakti Subang (1984), SMPN Kalijati Subang (1987), SMAN 1 Purwadadi (1990) dan Sekolah Tinggi Hukum Purnawarman Purwakarta (1999).

Kang Dedi Mulyadi juga pernah berpidato di Konferensi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di New York pada 18 Agustus 2015. Dalam pidatonya Dedi menjelaskan visi kebudayaan dan Islam Nusantara.Dedi juga dikenal sebagai youtuber dengan kanal Kang Dedi Mulyadi Channel yang memiliki 5,34 juta subscriber.

Jalannya menuju Pilgub Jabar 2024 makin lempang ketika Ridwan Kamil ditunjuk untuk maju ke Pilgub Daerah Khusus Jakarta. 

Lelaki dengan penampilan ikat khas Sunda itu kini menunggu siapa yang akan menjadi kompetitornya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper