Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jabar Buka Keran Investasi Industri Kesehatan untuk Perkuat Ekosistem Wisata Medis

Jawa Barat masih sangat terbuka untuk investor yang mau berinvestasi di sektor kesehatan. Terlebih, Jawa Barat juga memiliki tujuan untuk Medical Tourism.
Launching Edelweiss Hospital Central di Kota Bandung.
Launching Edelweiss Hospital Central di Kota Bandung.

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyambut baik Edelweiss Healthcare Group yang mengembangkan fasilitas kesehatan baru, Edelweiss Hospital Central. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Vini Adiani Dewi mengatakan memang pihaknya membutuhkan pihak swasta untuk mengembangkan ekosistem kesehatan di Jawa Batat. 

Sehingga, nantinya orang Jawa Barat tidak perlu pergi jauh ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

“Saya mendengar Edelweiss ini ada beberapa tindakan medis dengan teknologi tinggi yang tidak ada di tempat lain, ini menjadi modal untuk kita semua, tidak hanya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Jabar, tapi juga mengambil kembali devisa ke luar negeri,” ungkap dia saat ditemui dalam Ceremony & Launching Edelweiss Hospital Central, di Kota Bandung, Jumat (16/8/2024).

Vini menilai Jawa Barat masih sangat terbuka untuk investor yang mau berinvestasi di sektor kesehatan. Terlebih, Jawa Barat juga memiliki tujuan untuk Medical Tourism.

“Peluangnya masih besar karena belum merata, adanya jumlah rumah sakit di Jabar, jadi saya berharap memang dalam hal ini Edelweiss atau Group Edelweiss tidak hanya membuka Rumah Sakit di Bandung saja, tapi berharap masih banyak peluang,” jelasnya.

Beberapa di antaranya seperti di Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis yang belum memiliki fasilitas layanan kesehatan yang lengkap.

“Kami Pemerintah membutuhkan pihak swasta untuk menambah rumah sakitnya, karena investasinya besar,” jelasnya.

Sementara itu, Chairman Edelweiss Healthcare Group Syauqi Robbani saat ini pihaknya tengah fasilitas kesehatan baru, Edelweiss Hospital Central. 

Rumah sakit yang berlokasi di Soekarno Hatta No. 147, Bandung ini diproyeksikan memiliki kapasitas lebih dari 250 tempat tidur, yang akan menjadikannya salah satu pusat medis terkemuka di wilayah Jawa Barat. 

“Dengan penambahan fasilitas ini, Edelweiss Hospital semakin berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas dan komprehensif bagi masyarakat,” jelasnya.

Edelweiss Hospital Central akan menawarkan berbagai layanan kesehatan spesialistik, termasuk jantung, saraf, dan onkologi. Selain itu, rumah sakit seluas lebih dari 29.000 m2 ini juga akan dilengkapi dengan unit perawatan intensif, ruang operasi yang canggih, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya untuk memastikan setiap pasien mendapatkan perawatan terbaik. 

“Dengan demikian Edelweiss Central akan menjadi pusat rujukan dari seluruh cabang Edelweiss Hospital di Jawa Barat,” jelasnya.

Dalam rancangan pembangunan ini, Edelweiss Healthcare Group juga berencana untuk mengintegrasikan teknologi medis terkini dan sistem manajemen rumah sakit berbasis digital yang akan meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan. 

Beberapa fasilitas tambahan yang direncanakan mencakup pusat rehabilitasi, laboratorium diagnostik yang lengkap, layanan pusat kebugaran, seperti gym dan juga fasilitas cafe aestetik untuk membarikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Dengan berbagai layanan dan fasilitas yang ditawarkan, Edelweiss Hospital Central diharapkan tidak hanya menjadi tempat penyembuhan, tetapi juga menjadi sahabat warga Bandung untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini. 

“Kami berharap rumah sakit ini dapat menjadi rujukan utama bagi masyarakat di wilayah Bandung dan sekitarnya, serta menjadi pusat inovasi medis yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan kesehatan di Indonesia, khususnya Jawa Barat,” jelasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper