Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekda Jabar Bertemu Rektor ITB dan Unpad, Ini Yang Dibahas

Pemprov Jabar berkolaborasi dengan ITB untuk membahas pembangunan kawasan Jatinangor dengan konsep Jatinangor, City of Digital Knowledge.
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menggelar pertemuan dengan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menggelar pertemuan dengan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Bisnis.com, BANDUNG--Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menggelar pertemuan dengan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Herman mengatakan Pemda Provinsi Jabar berkolaborasi dengan ITB untuk membahas pembangunan kawasan Jatinangor dengan konsep Jatinangor, City of Digital Knowledge atau kota pengetahuan digital.

"Jatinangor, City of Digital Knowledge, menjadikan Jatinangor sebuah kota yang kaya akan pengetahuan, dan digital tools-nya untuk menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan. Dan tentu dalam research and development-nya akan dimotori kampus-kampus yang ada di Jatinangor, termasuk ITB," " katanya dikutip Rabu (12/6/2024).

Pembangunan Jatinangor, City of Digital Knowledge, fokus utamanya adalah pengembangan industri pengetahuan dari sektor manufaktur atau industri tradisional, dan menekankan pada penciptaan komunitas yang mandiri dengan literasi digital yang kuat.

"Meskipun dalam format yang sederhana. Untuk Jabar Caang, kita mulai dari Jatinangor," ucap Herman.

Selain itu, Herman juga menuturkan bahwa Pemda Provinsi Jabar intens melibatkan unsur pentaheliks dalam pembangunan daerah. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Pemda Provinsi Jabar dan ITB akan berkolaborasi lebih optimal baik di bidang pengajaran, penelitian, demikian juga dengan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara saat bertemu Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti, pihaknya membahas berbagai persoalan dan tantangan Jawa Barat.

Pemdaprov Jabar berkomitmen mempererat kemitraan dengan Unpad untuk sama-sama secara gotong-royong menyelesaikan berbagai persoalan baik di sektor pemerintahan maupun sosial kemasyarakatan.

"Kita bertemu jajaran Unpad bersama teman- teman dari Biro dan lintas OPD (organisasi perangkat daerah), kita bicara tentang Jawa Barat," ujar Herman Suryatman.

Persoalan yang dibahas di antaranya stunting, pengangguran, kemiskinan, dan beberapa persoalan penting lainnya. Dalam pertemuan tersebut, Herman mengingatkan pentingnya research and development (RND) dari perguruan tinggi untuk membuat rumusan terbaik menyelesaikan berbagai persoalan.

"Bersama Unpad kita bahu-membahu sabilulungan gotong royong menyelesaikan berbagai persoalan, dan ujungnya kesejahteraan masyarakat meningkat. Persoalan seperti stunting diharapkan bisa turun signifikan, pengangguran, kemiskinan, dan lain sebagainya," sebut Herman.

Selain dalam bidang keilmuan dan penelitian, Herman menawarkan kerja sama dalam bantuk kuliah kerja nyata (KKN) tematik yang sesuai dengan persoalan yang dihadapi masyarakat. Unpad sudah teruji dalam mencetak lulusan yang unggul dan kompeten.

"Mendidik anak-anak kita world class oleh Unpad yang sudah teruji," ucapnya.

Rektor Unpad Rina Indiastuti menyatakan  siap berkontribusi dalam bentuk apapun untuk kemajuan Jabar. "Terutama dalam meningkatkan kualitas SDM Jabar.Unpad komitmen terutama ikut mendidik, dan memperbanyak masyarakat Jabar lulus pendidikan tinggi," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper