Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permintaan Global Lesu, Ekspor Kabupaten Cirebon Diprediksi Turun

Pemerintah Kabupaten Cirebon memprediksi kinerja ekspor di Kabupaten Cirebon pada 2024 ini bakal turun.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon memprediksi kinerja ekspor di Kabupaten Cirebon pada 2024 ini bakal turun.

Analis Perdagangan Disperdagin Kabupaten Cirebon Suherman mengatakan kondisi tersebut lantaran belum ada lonjakan permintaan dari negara tujuan. Kondisi tersebut terjadi beberapa tahun lalu.

Tahun lalu, kata Suherman, nilai ekspor Kabupaten Cirebon menembus angka US$354,59 juta. Sementara, pada 2022 US$432 juta.

"Kondisi ini terjadi karena adanya penundaan pengiriman lantaran banyak buyer di luar negeri mengeluhkan kenaikan ongkos pengiriman,” kata Suherman di Kabupaten Cirebon, Selasa (21/5/2024).

Disperdagin Kabupaten Cirebon mencatat nilai ekspor di Kabupaten Cirebon selama triwulan I/2024 menembus angka US$73,06 juta.

Dalam catatan tersebut. Benang kini menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan di Kabupaten Cirebon. Komoditas tersebut dalam dua tahun terakhir menyalip rotan yang selalu mendominasi. 

Nilai ekspor komoditas benang sepanjang triwulan I/2024 sebesar US$18,83 juta. Kinerja terbaik ekspor terjadi pada Maret 2024 dengan nilai US$7,27 juta. Sementara, nilai ekspor paling rendah terjadi pada April sebesar US$5 juta.

Selama ini, Kabupaten Cirebon memiliki 10 besar komoditas penyumbang ekspor yaitu, furnitur rotan, briket kelapa, benang, furnitur kayu, furnitur sintetis, kayu olahan, furnitur alumunium, sepatu, sweet potato, dan hasil olahan laut.

Saat ini, seluruh sektor industri di Kabupaten Cirebon telah bangkit untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Beberapa perusahaan pun terbukti bertahan saat pandemi Covid-19 melanda. 

"Kami optimis nilai ekspor dari komoditas benang terus mengalami kenaikan," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper