Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas Maranatha Kini Terakreditasi Unggul dan Internasional

Universitas Kristen (UK) Maranatha berhasil meraih akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
UK Maranatha
UK Maranatha

Bisnis.com, BANDUNG - Universitas Kristen (UK) Maranatha berhasil meraih akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan akreditasi ditetapkan melalui surat keputusan No. 330/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2024, tertanggal 20 Maret 2024.

Rektor UK Maranatha Sri Widiyantoro mengatakan bahwa tercapainya akreditasi institusi Unggul tidak lepas dari upaya UK Maranatha meningkatkan mutu sejak beberapa tahun terakhir.

Persiapan akreditasi sudah dilakukan sejak 2020, melalui serangkaian program yang dikembangkan sebagai langkah jangka panjang.

“Perkembangan UK Maranatha beberapa tahun terakhir semakin cepat, sehingga dianggap layak untuk mengikuti proses reakreditasi,” jelas Sri dikutip Sabtu (6/4/2024).

Ia juga menekankan bahwa keunggulan universitas sangat bergantung pada sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya.

Selain mendapatkan akreditasi unggul dari BAN-PT, UK Maranatha berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari AQAS dan ASIIN.

“Akreditasi institusi Unggul dan akreditasi internasional yang telah berhasil diraih oleh beberapa program studi membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya lebih baik di masa depan, baik di dalam maupun di luar negeri,” kata Sri.

Joni, Ketua Satuan Penjaminan Mutu UK Maranatha menyebutkan lima program studi yang telah terakreditasi internasional.

“Program Sarjana dan Profesi Kedokteran telah terakreditasi ASIIN, kemudian Program Sarjana Desain Interior, Program Sarjana Akuntansi, dan Sarjana Manajemen telah terakreditasi AQAS,” paparnya.

“Tiga prodi lainnya, yaitu Program Sarjana Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra China baru saja selesai menjalani visitasi dari AQAS bulan Februari lalu.”

Joni mengatakan bahwa akreditasi dapat menjadi proses improvement yang bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan seluruh stakeholders institusi.

Program Studi Baru

Pada kesempatan tersebut, UK Maranatha mengumumkan dibukanya program studi baru jenjang pascasarjana.

“Tahun ini UK Maranatha membuka Program Magister Teknik Sipil. Perkuliahan angkatan pertama akan dimulai pada bulan September 2024 ini,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset, Se Tin.

Dibukanya program-program baru merupakan bagian dari inovasi Universitas untuk menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan industri. Tahun sebelumnya, Maranatha telah membuka Program Doktor Ilmu Manajemen.

“Jadi saat ini jenjang pendidikan di Maranatha lengkap, mulai dari diploma hingga doktor,” imbuh Se Tin.

Menutup diskusi, Sekretaris Umum Universitas, Robby Yussac Tallar, berharap agar dengan diraihnya akreditasi Unggul di tingkat nasional dan internasional dapat membuat masyarakat semakin yakin dengan kualitas pendidikan di kampus Maranatha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper