Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bus di Terminal Harjamukti Cirebon Jadi Sasaran Ramp Check

Dinas Perhubungan Kota Cirebon melakukan ramp check di Terminal Harjamukti, Senin (1/4/2024) untuk memastikan bus angkutan lebaran dalam kondisi laik jalan.
Dinas Perhubungan Kota Cirebon melakukan ramp check di Terminal Harjamukti
Dinas Perhubungan Kota Cirebon melakukan ramp check di Terminal Harjamukti

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Perhubungan Kota Cirebon melakukan ramp check di Terminal Harjamukti, Senin (1/4/2024) untuk memastikan bus angkutan lebaran dalam kondisi laik jalan.

Kepala Dishub Kota Cirebon Andi Armawan mengatakan, pemeriksaan tersebut merupakan komitmen dari pemerintah daerah untuk menyelenggarakan angkutan lebaran yang aman, lancar, dan nyaman bagi masyarakat.

Menurutnya, Terminal Harjamukti merupakan salah satu pangkalan kendaraan bermotor umum yang digunakan untuk mengatur kedatangan, keberangkatan, menaikkan dan menurunkan penumpang terbesar di Cirebon.

"Kami bekerjasama dengan Dishub Provinsi juga untuk selalu mengedepankan keselamatan, melalui uji kelayakan secara teknis dan administratif, serta kesehatan bagi para pengemudi," kata Andi.

Bus yang lolos ramp check, kata Andi, langsung ditempeli stiker khusus  yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Selain pengujian kelaikan kendaraan, kesehatan sopir bus yang ada di Terminal Harjamukti dipantau oleh petugas.

"Kami terus berupaya agar pelayanan angkutan Lebaran tahun ini bisa melayani masyarakat semaksimal mungkin, serta memastikan kendaraan yang beroperasi memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan," tuturnya.

Andi mengatakan, berdasarkan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan para pakar memprediksi, pergerakan masyarakat selama Idulfitri 1445 Hijriyah mencapai 193,6 juta orang.

Ia pun mengimbau kepada para penumpang yang ingin menggunakan bus sebagai angkutan lebaran agarapat datang langsung ke Terminal Tipe A Harjamukti. 

"Langsung beli tiket di loket, sarana dan prasarana semua sudah siap, termasuk kantin yang kita lakukan pemeriksaan kesehatan juga, sehingga para penumpang bisa aman dan nyaman saat di terminal ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper