Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS: 102.010 Orang di Garut Menganggur

BPS mencatat sebanyak 102.010 warga Kabupaten Garut merupakan pengangguran terbuka. Kesempatan kerja di wilayah tersebut diklaim rendah.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, GARUT - Badan Pusat Stastistik (BPS) mencatat sebanyak 102.010 warga Kabupaten Garut merupakan pengangguran terbuka. Kesempatan kerja di wilayah tersebut diklaim rendah.

Dalam catatan BPS berjudul Kabupaten Garut dalam angka, laki-laki mendominasi jumlah angka pengangguran terbuka di Kabupaten Garut sebanyak 73.275 orang. Sementara, pengangguran perempuan hanya 28.735 orang.

Berdasarkan strata pendidikan, lulusan sekolah dasarmenjadi penyumbang pengangguran terbuka paling banyak sebesar 27.783 orang. Paling rendah ditempat oleh lulusan diploma dengan jumlah 2.104 orang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Garut, Wahyudijaya mengatakan, pemerintah daerah menantikan industri yang mampu menyerap tenaga kerja lain.

Kabupaten Garut saat ini masih bertumpu pada industri pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Padahal, memiliki ketertarikan mengundang investor seperti beberapa daerah lainnya.

“Investasi di Garut lebih maju dibandingkan wilayah lainnya di Priangan Timur. Kami jemput bola supaya realisasi investasi terus meningkat setiap tahunnya," kata Wahyudijaya, Jumat (1/3/2024).

Tahun ini, pemerintah daerah membidik investasi sebesar Rp1,5 triliun pada 2024 .Tahun lalu, realisasi investasi di salah satu daerah kawasan Jawa Barat Selatan ini hanya mampu menembus angka Rp1,35 triliun.

Dari total Rp1,35 triliun realisasi investasi, sebanyak Rp1,01 triliun merupakan merupakan penanaman modal dalam negeri (PMDN). Sementara, aktivitas penanaman modal asing (PMA) tercatat mencapai Rp23,96 miliar.

Kedatangan banyak investor ke Kota Dodol dipastikan menyerap banyak tenaga kerja. Nantinya, masyarakat tidak perlu mencari pekerjaan di luar kota.

“Perlu peran swasta atau investor untuk memenuhi standar upah karyawan lokal dan tingkat kesejahtraanya bisa meningkat. Kawasan industri juga kami siapkan ti Limbangan, Cibatu, dan Selaawi,” kata Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper