Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggaran Pembebasan Lahan Tol Dalam Kota Bandung Berasal Dari APBN

Pembangunan BIUTR sendiri sebelumnya direncanakan menggunakan dana dari APBD Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung.
Proyek 6 Ruas Tol Dalam Kota/Dok. BPJT
Proyek 6 Ruas Tol Dalam Kota/Dok. BPJT

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Pusat akan menyiapkan anggaran untuk pembebasan lahan pembangunan jalan tol dalam kota Bandung atau Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR).

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan pada tahap awal pembangunan Pemprov Jabar, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan beberapa pihak lainnya akan meninjau dokumen perencanaan dan kerja sama. 

"Proses pembangunan mulai tahun ini. Diawali dengan revisi MoU. Tapi kita berharap pengen lebih cepat (groundbreaking) cuma kan sistem penganggaran di kita tidak se-indah keinginan," katanya di Bandung, Kamis (29/2/2024).

Pembangunan BIUTR sendiri sebelumnya direncanakan menggunakan dana dari APBD Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung. Namun, pemerintah daerah tidak sanggup memenuhi anggaran untuk pembebasan lahan.

"Problem BIUTR pada awalnya memang soal pembebasan tanah. Kemarin waktu bertemu dengan Kementerian PUPR bersama Pj Gubernur sudah dibahas dan nantinya akan menggunakan APBN, tidak lagi menggunakan anggaran daerah," ujarnya.

Berdasarkan rencana awal, garis rencana jalur atau trase BIUTR akan menghubungkan antara gerbang pintu Tol Pasteur hingga Gedebage. Menurut Bambang, untuk persoalan trase nantinya akan dibahas kembali bersama dengan beberapa pihak terkait lainnya. 

"Kemarin pembahasan belum sampai trase yah. Tapi kalau rencana awal kan dari Pasteur yah kemudian masuk Surapati kemudian Cicaheum nanti nyambung sampai ke Exit Jalan Tol Gedebage 149," katanya. 

Rencananya, BIUTR ini berupa jalan layang seperti tol dalam kota di wilayah DKI Jakarta. Untuk perkembangan selanjutnya, Pemprov Jawa Barat akan melakukan pertemuan lanjutan dengan Kementerian PUPR. 

"Nanti kita mau detailkan lagi. Jadi tahap awalnya nanti kita akan review MoU para pihak provinsi kota dan juga kementerian PUPR berikutnya pendalaman kan trase sudah ada jadi tinggal pendalaman di desain," katanya.

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan membantu percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur di Jawa Barat termasuk salah satunya tol dalam Kota Bandung.

Kementerian PUPR akan turut memulai proses percepatan pembangunan tol yang sudah mangkrak hampir 17 tahun itu dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road. Jadi akan kita lelangkan segera, kita meneruskan untuk mengatasi kemacetan di Bandung," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler